BERITABANDUNG


  • 09 Februari 2016 | 19:20 WIB

Walikota Bandung Raih Anugerah Kebudayaan PWI

Editor:


 Walikota Bandung Raih Anugerah Kebudayaan PWI
- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil raih Anugerah Kebudayaan PWI Pusat

Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil meraih Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2015. Penghargaan diserahkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan dan Kebudayaan Puan Maharani, pada acara puncak Hari Pers Nasional (HPN) 2015 di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Selasa (9/2/16). Penganugerahan ini disaksikan Presiden Joko Widodo dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja yang turut hadir di acara tersebut.

Penghargaan diberikan PWI Pusat kepada Wali Kota Bandung karena dinilai berhasil membangun Kota Bandung menjadi Kota Metropolitan baru berkelas internasional, dengan pendekatan kebudayaan berbasis metropolis berpadu dengan tradisi lokal. Didukung dengan iptek, disertai dengan penghormatan, pelestarian dan pengembangan memori kolektif kultural sunda, sehingga akan tetap melindungi tatanan moral warganya, seperti program "Rabu Nyunda".

Menerima penghargaan tersebut Ridwan Kamil berucap syukur atas apresiasi yang diberikan kepada dirinya. Lebih lanjut menurutnya PWI menilai Pemkot Bandung serius mempersiapkan kebudayaan khususnya budaya sunda, sebagai strategi membangun Kota Bandung.

"Dua tahun pertama kan strateginya kan "Rebo Nyunda", alhamdulillah sudah populer. Tahun ketiga ini mulai pendidikan karakter berbasis kebudayaan sunda, akan di-launching bulan April ini," ucap Ridwan dalam sambutannya. Ia menambahkan sekolah-sekolah nantinya akan mewajibkan kegiatan berbasis kebudayaan sunda. "Populer dulu baru keseriusan," imbuhnya.

Ridwan pun berharap, di akhir kepemimpinannya selain penampilan berbahasa, kebudayaannya pun makin kokoh. Apalagi di era metropolitan tantangannya luar biasa. "Contoh pendidikan karakter yang nanti di-launching selain Rebo Nyunda, ada ekstra kulikuler berbasis budaya sunda," sebutnya.

Selain itu Ridwan Kamil berharap pers bisa menjadi agen perubahan yang optimisme. Karena rasa optimisme sangat dibutuhkan Kota Bandung dan Indonesia. “Pers itu memberi persimpangan. Apakah akan diarahkan ke pesimisme atau optimisme. Karena pers memberikan sesuatu yang dikonsumsi oleh masyarakat,” kata dia.

Menurutnya pers setidaknya memiliki tiga fungsi yaitu informasi, menghibur dan, edukasi. Pers tidak harus fokus pada informasi. Pers juga harus memberikan edukasi sehingga bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat. "Jangan terlalu fokus pada informasi yang pesimis. Apalagi antara judul dengan isi berita tidak nyambung. Saya sepakat dengan presiden yang menginginkan agar pers juga bisa membangun opimisme,” tandasnya.

Namun di sisi lain, Ridwan juga memberikan keleluasaan kepada pers untuk bisa mengakses informasi yang dibutuhkannya. Termasuk telah memerintahkan kepada seluruh kepala dinas untuk mudah diwawancarai oleh wartawan. “Kita tidak anti kritik. Kita ingin dikritisi dengan cara-cara yang baik. Hubungan ini yang harus terus dijaga,” pungkasnya. *** (ADV)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com