BERITABANDUNG


  • 11 Februari 2017 | 10:20 WIB

Richard Gere salahkan Trump karena mencampur makna "pengungsi" dan "teroris"

Editor: Yatti Chahyati


 Richard Gere salahkan Trump karena mencampur makna
ILUSTRASI -

BERLIN, BERITABANDUNG.COM -- Aktor dan aktivis Richard Gere mengatakan bahwa Presiden AS Donald Trump telah berhasil mencampurkan makna dari kata "pengungsi" dan "teroris" di benak banyak orang Amerika.

Gere juga mengatakan pada konferensi pers di Festival Film Berlin sebelum premier film “The Dinner" bahwa ia merasa sedih karena istilah "pengungsi" berubah jadi negatif maknanya di Amerika Serikat.

"Hal yang paling mengerikan yang Trump telah lakukan adalah menggabungkan dua kata - pengungsi dan teroris," kata Gere (67) di hadapan lebih dari 100 wartawan seperti dilansir Reuters.

"Dua kata itu dianggap hal yang sama di AS sekarang. Itu yang berhasil dia lakukan ke sebagian besar penduduk kita."

Trump memerintahkan larangan perjalanan pada pengungsi dan warga dari tujuh negara mayoritas Muslim pada 27 Januari.

Pengadilan banding federal AS di San Francisco menolak memulihkan larangan perjalanan Presiden Donald Trump terhadap warga tujuh negara mayoritas Muslim. Trump mengkritik keputusan pengadilan.

"Kata 'pengungsi' digunakan untuk menjadi seseorang yang ingin kita bantu dan lindungi," kata Gere.

"... Sekarang kita takut pada mereka ... menggabungkan kedua makna itu kejahatan terbesar."

Gere bertemu Kanselir Angela Merkel pekan ini saat berada di Berlin untuk festival.

Merkel mengatakan kepada Trump dalam panggilan telepon dua pekan lalu bahwa perang global melawan terorisme bukan alasan untuk melarang orang-orang dari negara-negara mayoritas Muslim.

Dalam film "The Dinner", Gere memainkan politisi terkenal yang bertemu istri dan saudaranya di sebuah restoran untuk membahas kejahatan mengerikan yang dilakukan oleh anak-anak mereka.

Dalam sebuah wawancara dengan Reuters sebelum konferensi pers, Gere mengatakan ia jadi optimis berkat demonstrasi di Amerika Serikat terhadap kebijakan Trump.

"Saya pada dasarnya optimis jadi saya melihat ini sebagai kesempatan bagi orang untuk muncul sehari setelah dia dilantik," kata Gere.

"Ada jutaan orang di jalan-jalan di New York. Itu bukan demonstrasi berisi kemarahan. Itu demonstrasi positif dengan tujuan yang sama.”

Lebih dari sejuta migran, banyak dari mereka melarikan diri dari konflik dan penganiayaan, tiba di Jerman dalam dua tahun terakhir.

"The Dinner" adalah satu dari 18 film di Berlinale, berkompetisi untuk Goldan dan Silver Bears. Festival itu berlangsung hingga 19 Februari.(Antara)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • 09 Desember 2017 | 13:12 WIB

    Proyek Rumah Deret Tamansari, Emil Diskusi dengan Warga di Pendopo

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil  bersilaturahmi dengan perwakilan warga RW 11 Kelurahan Tamansari di Pendopo Kota Bandung, Jumat (8/12/2017) malam. Pada kesempatan itu, Walikota membuka ruang diskusi ...

  • 20 November 2017 | 13:02 WIB

    Petugas Kebersihan Kota Bandung Berangkat Umrah

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil didampingi Direktur Utama Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdyana memberikan penghargaan melaksanakan ibadah umroh kepada lima pegawai di lingkungan PD Kebersihan, ...

  • 21 Januari 2017 | 15:24 WIB

    Penjual Atribut Persib Menjamur di Ciamis

    CIAMIS. BERITABANDUNG.COM -- Suasana di area Stadion Galuh Ciamis pada Sabtu (21/1/2017) berbeda dibandingkan hari biasanya. Sejumlah pedagang atribut Persib Bandung nampak memenuhi markas klub tuan rumah PSGC Ciamis. Berdasarkan pantauan ...

  • @ 2013 beritabandung.com