BERITABANDUNG


  • 10 April 2017 | 07:08 WIB

Kawasan Rawan Longsor, Warga Cililin Diimbau untuk Direlokasi

Editor: Yatti Chahyati


 Kawasan Rawan Longsor, Warga Cililin Diimbau untuk Direlokasi
BENCANA LONGSOR - ilustrasi

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat mengimbau warga di Kampung Jati Radio, RT 2 RW 12, Desa Cililin, Kecamatan Cililin untuk segera pindah. Pasalnya kawasan tersebut terbilang masih rawan terjadinya longsor usai terjadi pada Mei 2017 silam.

Menurut Kepala BPBD Kabupaten Bandung Barat Maman S. Sunjaya, imbauan tersebut dilakukan agar tidak terjadi kembali kombat ketika terjadi longsor. Pasalnya hasil pemetaan BPBD, kawasan tersebut masih rawan longsor terlebih curah hujan yang masih tinggi terjadi di Kabupaten Bandung Barat.

"Solusi terbaik untuk para korban dan masyarakat yang berada disekitar lokasi adalah dengan melakukan relokasi," kata Maman.

Akan tetapi Maman mengaku hingga kini masih menunggu kajian dari Badan Geologi terkair jarak aman atau radius bagi warga dari lokasi longsor untuk berpindah sementara. Terlebih Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat diakui tidak bisa melalukan relokasi secara paksa terhadap warga Cililin.

"Namun, kami masih menunggu hasil kajian Badan Geologi terkait radius aman yang harus direlokasi. Karena, pemda tidak bisa merelokasj tanpa ada kajian yang jelas dari instansi terkait," tuturnya.

Jika hasil kajian dari Badan Geologi telah keluar, kata dia, maka BPBD akan berusaha untuk mencari tempat yang aman bagi warga untuk tinggal sementara. Lokasi relokasi pun ditegaskan Maman tidak akan terlalu jauh dari tempat tinggal warga semula karena menyangkut dengan roda perekonomian mereka.

"Kalaupun harus direlokasi, kami tetap akan mencari tempat yang lebih aman dan tidak terlalu jauh agar tidak mengganggu aktifitas perekonomian mereka," urainya.

Akan tetapi Maman tetap menimbau warga dari sekarang untuk mencari tempat yang lebih aman atau bisa tinggal sementara di keluarga atau saudara yang tidak terlalu jauh dari lokasi tersebut.

"Yang jelas, untuk kewaspadaan, kami menghimbau masyarakat diaekitar lokasi longsor untuk segera mengungsi ketempat yang telah diaediakan ketika terjadi hujan deras untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan," imbuhnya.

Sementara itu, sebagai upaya  BPBD pun melakukan penanaman pohon di kawasan tersebut bertujuang untuk menguatkan struktur tanah dan penyerapan air.

Hal itu guna  mengantisipasi agar tidak terjadi longsor susulan terutama titik-titik yang berpotensi longsor.

Sebelumnya, sebanyak 151 keluarga dari RT 2, 3, dan 4 di RW 12 diungsikan ke Pesantren Alhuda, Madrasah Nurul Hikmah yang berada di belakang Markas Koramil Cililin, serta ke sejumlah rumah warga yang aman. Hal itu dilakukan setelah terjadi longsor pada Mei 2017 silam. (Ron)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com