BERITABANDUNG


  • 07 Mei 2017 | 21:09 WIB

Bangun Transfortasi Massal, Pemprov Bakal Gandeng Guangxi Zhuang

Editor: Yatti Chahyati


 Bangun Transfortasi Massal, Pemprov Bakal Gandeng Guangxi Zhuang
PEMPROV JABAR - ilustrasi

NANNING, BERITABANDUNG.COM -- Sistem dan alat transportasi Guangxi Zhuang m‎enjadi isu menarik dalam penandatangan MoU (nota kesepahaman bersama) antara Provinsi Jawa Barat dan Guangxi Zhuang.

Dalam siaran persnya kepada Berita Bandung, Minggu (7/5/2017), Pemprov Jabar sendiri diantaranya tertarik menerapkan pemberlakuan motor listrik di perkotaan serta bakal menawarkan sistem transportasi dan alat transportasi di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) nanti ke provinsi Guangxi Zhuang.

Ini bukan tanpa alasan. Provinsi yang dipimpin oleh Gubernur Chen Wu itu ternyata memang memiliki sistem transportasi yang sangat berkembang mulai dari industri otomotif yang sudah menghasilkan 2 juta unit pertahun, pelabuhan terbesar di Tiongkok dan sudah beberapa kali mendorong peningkatan kapasitas pelabuhan di negara lain yang bekerja sama dengan mereka, serta kereta api cepat dengan jalur sepanjang 1750 km.

Selain itu salah satu investor otomotif asal Guangxi Zhuang, Wu Ling, telah memiliki pabrik di Bekasi. Saat prosesnya, Gubernur Chen Wu sendiri sempat berkunjung ke Jabar dan bertemu dengan Pemprov Jabar dan inilah yang menjadi cikal bakal sister province yang ditandatangani kedua belah pihak di Li Yuan Resort, Nanning, Jumat (5/5/2017) waktu setempat. Saat itu, penandatanganan dari tuan rumah diwakili oleh Wakil Gubernur Guangxi Zhuang,  Zhang Xiaoqin‎.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, Sister Province ini merupakan kelanjutan pertemuan mereka pada 26 Oktober 2015 ketika gubernur Chen Wu datang ke Delta Mas Bekasi, Jabar. Tahun ini perusahaan otomotif dengan merek produk Wu Ling itu akan diresmikan.

"Mudah-mudahan (MoU) ini tonggak kerja sama dengan baik dan disusul kerjasama-kerjasama lainnya," jelas Aher  sebelum penandatanganan MoU.

Diakui dia, pihaknya mengagumi dengan perkembangan sistem transportasi di Guangxi Zhuang yang telah memiliki kereta cepat dengan jarak yang sangat jauh, sementara di Indonesia khususnya baru mau membangun kereta cepat tersebut.

‎"Mudah-mudahan segera terlaksana," ujarnya.

Selain itu, kata Aher,  pihaknya pun siap menjalin kerja sama dalam bidang informatika karena Jabar memiliki pakar-pakar tersebut. Dengan keterbukaan‎ sharing informasi dan teknologi tersebut diharapkan Jabar atau sebaliknya sama-sama bisa lebih maju.

"Setelah agreement ini mudah-mudahan ketemu lagi pada peresmian pabrik di Bekasi. Nanti bentuk tim bersama antara Guangxi dan Jabar merumuskan kerja sama yang lebih nyata,” kata Aher.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik menambahkan, pihaknya memang akan menawarkan sejumlah pelabuhan di Jabar yang akan dibangun dan yang di antaranya masih dalam tahap dibangun untuk dikerjasamakan dengan Guangxi Zhuang.

"Ya kan kita ada Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Ratu Rehional Seaport, Cirebon, Seaport, Cikarang-Bekasi-Laut Inland Waterways, Bojong Salawe Regional Seaport, dan Palangpang Local di Ciletuh," katanya.

Selain itu, pihaknya pun akan menawarkan kerja sama pengelolaan transportasi bandara di Kertajati nanti kepada Guangxi Zhuang. Mereka bisa menggunakan kendaraan bermerek Wu Ling itu di bandara untuk sarana transportasi di sana.

"Misalnya kerja sama pengelolaan selama hitungan tahun yang pastinya itu harus dibicarakan lagi usai MoU ini," kata dia.

Sementara itu, Wakil Gubernur Guangxi Zhuang mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas respon kerja sama dengan Jabar tersebut.

"Sekarang Indonesia sedang ada di Zaman yg paling bagus. Strategi jalur sutra Maritim ini cocok dengan strategi kelautan Indonesia juga," ujar dia.

Dia menuturkan, provinsinya merupakan satu-satunya provinsi yang berbatasan dengan lautan dan daratan dan dengan Asean. Pihaknya menempati pembangunan strategi di China dan Asean.

"Kami berharap bisa membuka jalur laut dari sini ke Indonesia,"ujar dia.

Selain itu, diakui dia, pihaknya saat ini sedang mempercepat pembangunan kereta cepat yang saat ini trasenya sudah sepanjang 1750 km. Di provinsi tersebut sudah memiliki dua jalur kereta cepat untuk melayani 14 kota.

"Kereta cepat itu sudah sangat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kami tahu, di Indonesia sedang bangun kereta cepat Jakarta-Bandung. Kami berharap ketika kami kesana bisa naik kereta cepat dari Jakarta ke Bandung," ucap dia.

Selain kerjasama pada bidang transportasi, pada MoU tersebut kedua belah pihak akan kerja sama dalam ruang lingkup pariwisata, pendidikan, budaya, perdagangan dan teknologi. (*/tie) 


Label: #


Berita Terkait

  • Dunia
    12 Desember 2017 | 11:15 WIB

    Penjualan The War EXO Sampai 1,6 Juta Keping

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- "The War", album keempat milik boy group EXO terjual hampir 1,6 juta keping, ungkap agensi EXO, SM Entertainment, Senin (11/12/2017). Hingga akhir November lalu, album versi asli dan ...

  • Dunia
    11 Desember 2017 | 08:27 WIB

    Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Peraih Nobel FIsika Max Born

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM – Hari ini Google Doodle merayakan ulang tahun ke-135 Max Born. Siapa Max Born? Dikutip dari Wikipedia, Maxborn adalah seorang fisikawan Jerman dan matematikawan yang dianugerahi Hadiah Nobel ...

  • Dunia
    31 Oktober 2017 | 06:48 WIB

    Peringati Halloween Google Doodle Bikin Animasi Hantu Imut

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM – Halloween biasanya identic dengan hantu –hantu menyeramkan, nah hari ini untuk memperingati Halloween Google Doodle justru membuat animasi imut yang berkisah tentang hantu. Dalam animasinya google doodle mengisahkan ...

  • Dunia
    17 Oktober 2017 | 08:11 WIB

    ISIS Klaim Tembakkan Roket Ke Israel

    YERUSALEM, BERITABANDUNG.COM -- Kelompok ISIS pada Senin (16/10) mengklaim bertanggung jawab atas penembakan dua roket dari Semenanjung Sinai ke Israel selatan. Serangan itu mengenai daerah Eshkol di dekat perbatasan pada Minggu ...

  • Dunia
    09 Oktober 2017 | 06:52 WIB

    Hari Ini Google Kenang Seniman Asal Indonesia

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM – Hari ini Google kembali mengangkat tokoh asal Indonesia sebagai doodle di laman utama mesin pencarinya. Dan tokoh yang dipilihnya yakni seorang seniman asal Jogjakarta, Bagong Kussudiarja. Senimal yang ...


Berita Lainnya

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • 09 Desember 2017 | 13:12 WIB

    Proyek Rumah Deret Tamansari, Emil Diskusi dengan Warga di Pendopo

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil  bersilaturahmi dengan perwakilan warga RW 11 Kelurahan Tamansari di Pendopo Kota Bandung, Jumat (8/12/2017) malam. Pada kesempatan itu, Walikota membuka ruang diskusi ...

  • 20 November 2017 | 13:02 WIB

    Petugas Kebersihan Kota Bandung Berangkat Umrah

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil didampingi Direktur Utama Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdyana memberikan penghargaan melaksanakan ibadah umroh kepada lima pegawai di lingkungan PD Kebersihan, ...

  • 21 Januari 2017 | 15:24 WIB

    Penjual Atribut Persib Menjamur di Ciamis

    CIAMIS. BERITABANDUNG.COM -- Suasana di area Stadion Galuh Ciamis pada Sabtu (21/1/2017) berbeda dibandingkan hari biasanya. Sejumlah pedagang atribut Persib Bandung nampak memenuhi markas klub tuan rumah PSGC Ciamis. Berdasarkan pantauan ...

  • @ 2013 beritabandung.com