BERITABANDUNG


  • 07 Mei 2017 | 21:09 WIB

Bangun Transfortasi Massal, Pemprov Bakal Gandeng Guangxi Zhuang

Editor: Yatti Chahyati


 Bangun Transfortasi Massal, Pemprov Bakal Gandeng Guangxi Zhuang
PEMPROV JABAR - ilustrasi

NANNING, BERITABANDUNG.COM -- Sistem dan alat transportasi Guangxi Zhuang m‎enjadi isu menarik dalam penandatangan MoU (nota kesepahaman bersama) antara Provinsi Jawa Barat dan Guangxi Zhuang.

Dalam siaran persnya kepada Berita Bandung, Minggu (7/5/2017), Pemprov Jabar sendiri diantaranya tertarik menerapkan pemberlakuan motor listrik di perkotaan serta bakal menawarkan sistem transportasi dan alat transportasi di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) nanti ke provinsi Guangxi Zhuang.

Ini bukan tanpa alasan. Provinsi yang dipimpin oleh Gubernur Chen Wu itu ternyata memang memiliki sistem transportasi yang sangat berkembang mulai dari industri otomotif yang sudah menghasilkan 2 juta unit pertahun, pelabuhan terbesar di Tiongkok dan sudah beberapa kali mendorong peningkatan kapasitas pelabuhan di negara lain yang bekerja sama dengan mereka, serta kereta api cepat dengan jalur sepanjang 1750 km.

Selain itu salah satu investor otomotif asal Guangxi Zhuang, Wu Ling, telah memiliki pabrik di Bekasi. Saat prosesnya, Gubernur Chen Wu sendiri sempat berkunjung ke Jabar dan bertemu dengan Pemprov Jabar dan inilah yang menjadi cikal bakal sister province yang ditandatangani kedua belah pihak di Li Yuan Resort, Nanning, Jumat (5/5/2017) waktu setempat. Saat itu, penandatanganan dari tuan rumah diwakili oleh Wakil Gubernur Guangxi Zhuang,  Zhang Xiaoqin‎.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, Sister Province ini merupakan kelanjutan pertemuan mereka pada 26 Oktober 2015 ketika gubernur Chen Wu datang ke Delta Mas Bekasi, Jabar. Tahun ini perusahaan otomotif dengan merek produk Wu Ling itu akan diresmikan.

"Mudah-mudahan (MoU) ini tonggak kerja sama dengan baik dan disusul kerjasama-kerjasama lainnya," jelas Aher  sebelum penandatanganan MoU.

Diakui dia, pihaknya mengagumi dengan perkembangan sistem transportasi di Guangxi Zhuang yang telah memiliki kereta cepat dengan jarak yang sangat jauh, sementara di Indonesia khususnya baru mau membangun kereta cepat tersebut.

‎"Mudah-mudahan segera terlaksana," ujarnya.

Selain itu, kata Aher,  pihaknya pun siap menjalin kerja sama dalam bidang informatika karena Jabar memiliki pakar-pakar tersebut. Dengan keterbukaan‎ sharing informasi dan teknologi tersebut diharapkan Jabar atau sebaliknya sama-sama bisa lebih maju.

"Setelah agreement ini mudah-mudahan ketemu lagi pada peresmian pabrik di Bekasi. Nanti bentuk tim bersama antara Guangxi dan Jabar merumuskan kerja sama yang lebih nyata,” kata Aher.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik menambahkan, pihaknya memang akan menawarkan sejumlah pelabuhan di Jabar yang akan dibangun dan yang di antaranya masih dalam tahap dibangun untuk dikerjasamakan dengan Guangxi Zhuang.

"Ya kan kita ada Pelabuhan Patimban, Pelabuhan Ratu Rehional Seaport, Cirebon, Seaport, Cikarang-Bekasi-Laut Inland Waterways, Bojong Salawe Regional Seaport, dan Palangpang Local di Ciletuh," katanya.

Selain itu, pihaknya pun akan menawarkan kerja sama pengelolaan transportasi bandara di Kertajati nanti kepada Guangxi Zhuang. Mereka bisa menggunakan kendaraan bermerek Wu Ling itu di bandara untuk sarana transportasi di sana.

"Misalnya kerja sama pengelolaan selama hitungan tahun yang pastinya itu harus dibicarakan lagi usai MoU ini," kata dia.

Sementara itu, Wakil Gubernur Guangxi Zhuang mengatakan, pihaknya mengapresiasi atas respon kerja sama dengan Jabar tersebut.

"Sekarang Indonesia sedang ada di Zaman yg paling bagus. Strategi jalur sutra Maritim ini cocok dengan strategi kelautan Indonesia juga," ujar dia.

Dia menuturkan, provinsinya merupakan satu-satunya provinsi yang berbatasan dengan lautan dan daratan dan dengan Asean. Pihaknya menempati pembangunan strategi di China dan Asean.

"Kami berharap bisa membuka jalur laut dari sini ke Indonesia,"ujar dia.

Selain itu, diakui dia, pihaknya saat ini sedang mempercepat pembangunan kereta cepat yang saat ini trasenya sudah sepanjang 1750 km. Di provinsi tersebut sudah memiliki dua jalur kereta cepat untuk melayani 14 kota.

"Kereta cepat itu sudah sangat meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kami tahu, di Indonesia sedang bangun kereta cepat Jakarta-Bandung. Kami berharap ketika kami kesana bisa naik kereta cepat dari Jakarta ke Bandung," ucap dia.

Selain kerjasama pada bidang transportasi, pada MoU tersebut kedua belah pihak akan kerja sama dalam ruang lingkup pariwisata, pendidikan, budaya, perdagangan dan teknologi. (*/tie) 


Label: #


Berita Terkait

  • Dunia
    11 Juni 2018 | 23:24 WIB

    Telkom University Choir Kibarkan Nama Indonesia di Polandia

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM --  Telkom University Choir kembali menjuarai kompetisi paduan suara Internasional di 9th International Krakow Choir Festival ‘Cracovia Cantans’ di Krakow, Polandia yang diselenggarakan oleh Melody, Poland pada tanggal ...

  • Dunia
    21 Mei 2018 | 02:07 WIB

    Ini Dia Penampakan Sertifikat UGG untuk Ciletuh Palabuanratu

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sertifikat Unesco Global Geoparks(UGG) bagi Ciletuh-Palabuhanratu telah terbit. General Director of Unesco, Audrey Azoulay, menandatangani langsung sertifikat  tersebut. Dengan demikian lengkap sudah legatlitas Geopark Ciletuh-Palabuhanratu, Kab. Sukabumi, ...

  • Dunia
    07 Mei 2018 | 09:27 WIB

    Kunjungi Tahura, Gubernur Gyeongsangbuk-Do Sebut Seperti Surga Bumi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Gubernur Gyeongsangbuk-Do, Korea Selatan, Mr. Kim Kwan-yong berkunjung ke Provinsi Jawa Barat. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka memperluas hubungan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Disela-sela kunjungan empat ...

  • Dunia
    04 April 2018 | 08:17 WIB

    Kantor Pusat Youtube Diberondong Tembakan, Tiga Luka, Seorang Tewas

    CALIFORNIA, BERITABANDUNG.COM -- Seorang wanita menembaki kantor pusat YouTube dekat San Francisco, Selasa waktu setempat, sehingga melukai paling sedikit tiga orang sebelum si wanita menembak dirinya sendiri. Begitu diberondong tembakan, para ...

  • Dunia
    04 April 2018 | 07:10 WIB

    Kantor Pusat Youtube Diberondong Tembakan, Tiga Luka, Seorang Tewas

    CALIFORNIA, BERITABANDUNG.COM -- Seorang wanita menembaki kantor pusat YouTube dekat San Francisco, Selasa waktu setempat, sehingga melukai paling sedikit tiga orang sebelum si wanita menembak dirinya sendiri. Begitu diberondong tembakan, para ...


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com