BERITABANDUNG


  • 26 Mei 2017 | 10:10 WIB

Tentukan Ramadan BMKG Pantau Rukyat Hilal di 23 Titik

Editor: Yatti Chahyati


 Tentukan Ramadan BMKG Pantau Rukyat Hilal di 23 Titik
HILAL - ilustrasi

JAKARTA, BERITABANDUNG.COM -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau rukyat hilal di 23 titik di Tanah Air untuk melihat bulan guna memastikan masuknya bulan Ramadan.

"Ada 23 lokasi yang akan di pantau BMKG untuk melihat rukyat hilal," kata Kepala Humas BMKG Hary T Djatmiko dalam keterangan persnya yang dikutip BeritaBandung dari Antara, Jumat (26/5/2017).

Titik yang akan dipantau yaitu di Pulau Sumatera tepatnya di Lhoong Provinsi Aceh oleh Stasiun Geofisia Mata Ie, Medan Provinsi Sumatera Utara oleh Balai I BMKG, Padang Provinsi Sumatera Barat oleh Stasiun Geofisika Padang Panjang, Bengkulu oleh Stasiun Geofisika Kepahiang.

Untuk Pulau Jawa, pemantauan dilakukan di Pantai Anyer, Banten oleh Balai II dan Stasiun Geofisika Tangerang, Tanjung Pasir - Tangerang, Banten oleh STMKG, Cikelet - Garut, Jawa Barat oleh Stasiun Geofisika Bandung, Bukit Bela-belu, Yogyakarta oleh Stasiun Geofisika Yogyakarta, Ngliyep - Malang, Jawa Timur oleh Stasiun Geofisika Karangkates.

Pemantauan juga dilakukan di Denpasar, Bali oleh Balai III BMKG, Pero Konda - Sumba Barat Daya, NTT oleh Stasiun Geofisika Waingapu, Kupang, NTT oleh Stasiun Geofisika Kampungbaru Kupang.

Di Sulawesi dipantau di Makassar, Sulsel oleh Balai IV dan Stasiun Geofisika Gowa, Palu, Sulteng oleh Stasiun Geofisika Palu, Manado, Sulut oleh Stasiun Geofisika Winangun Manado.

Di Ternate, Maluku Utara tepatnya di Afe Taduma pemantauan dilakukan oleh Stasiun Geofisika Ternate, Negeri Seith, Maluku Tengah oleh Stasiun Geofisika Karang Panjang Ambon.

BMKG juga melakukan pemantauan di Biak, Papua oleh Balai V, Merauke, Papua oleh Stasiun Geofisika Angkasapura Jayapura.

BMKG pusat juga melakukan pemantauan di Kemayoran, Jakarta oleh Deputi Geofisika dan Pusdiklat serta di Palabuhan Ratu, Jawa Barat oleh Puslitbang, di Tanjung Pandan, Babel oleh Deputi Geofisika serta Mataram oleh Stasiun Geofisika Kahang-kahang.

Pemerintah akan menggelar sidang isbat untuk menentukan awal puasa Ramadhan 1438 Hijriyah pada Jumat (26/5) sore.

Sebelumnya Muhammadiyah telah menetapkan 1 Ramadan 1438 H jatuh pada Sabtu 27 Mei 2017 berdasarkan hasil hisab wujudul hilal atau perhitungan penampakan bulan.(*)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com