BERITABANDUNG


  • 30 Mei 2017 | 12:09 WIB

Ternyata Ini Toh Pelukis Lukisa Kaleng Biskuit Khong Ghuan yang Legendaris Itu

Editor: Yatti Chahyati


 Ternyata Ini Toh Pelukis Lukisa Kaleng Biskuit Khong Ghuan yang Legendaris Itu
KARYA - Kaleng Khong Ghuan.

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Bernardus Prasodjo (69) siang itu mengenakan kaus merah berkerah. Sembari duduk di depan sebuah meja. Dia adalah sosok pelukis kaleng biskuit Khong Ghuan yang selama ini dikenal  menjadi ciri khas Hari Raya Lebaran di Indonesia.

Saat ditemui ANTARA News, Selasa (30/5/2017) pria berkaca mata itu sedang memainkan smartphone-nya, memutar musik instrumental.

Di seberang meja dari tempat duduknya tampak beberapa lukisan karyanya terpampang rapi. Sambil berbicara pada ANTARA News, Bernardrus sesekali memandangi lukisan-lukisan itu.

Apa kesibukan saat ini? Apakah masih aktif di dunia melukis?

Sudah lima tahun tidak (menggambar). Saya fokusnya bukan mengobati tetapi mengajar, menyebarkan ajaran penyembuhan prana ke seluruh Indonesia. Penyembuhan tanpa obat, tanpa menyentuh. Tidak tergantung pada ajaran agama tertentu, mistik, ritual tertentu. Lebih bersifat ilmiah.

Kangen kembali ke dunia melukis?

Sebetulnya kangen juga. Hanya sekarang ini, cat nya sudah pada kering. Jadi, kalaupun mau memulai harus membeli semuanya yang baru. Ada juga (keinginan kembali ke dunia menggambar) tetapi waktunya, sekarang ini.

Sejak kapan menggeluti dunia melukis?

Dari Taman Kanak-kanak sudah menggambar. Sampai orangtua marah-marah, "baru dibeliin buku gambar, sudah penuh". Apa saja yang mau digambar, digambar. Seperti kalau sekarang pemandangan bisa pakai kamera. Kalau dulu, mau  pemandangan itu kami lukis.

Saya lebih senang yang langsung. Kepuasannya beda. Walaupun sekarang saya masih suka membuat iklan-iklan sendiri untuk kegiatan kami. Menggunakan Photoshop lebih gampang.

Dari kuliah enggak sengaja. Karena mendaftarnya di ITB, mesti ada dua pilihan. Pilihan pertama, saya arsitek. Pilihan kedua, seni lukis. Yang diterima di seni lukis, jadi ya sudah dijalani.

Objek gambar apa yang paling disukai?

(kebanyakan karya), yang indah-indah. Kayak kuda, streamline, kemudian, angsa.

Orangtua pelukis?

Orangtua saya pelukis. Mertua saya juga pelukis.

Karya yang pertama kali dikenal orang lain?

Sebetulnya banyak sekali. Saya dulu senang sekali, melukis bintang-bintang film. Zaman dulu kan bintang film barat. Yang pertama itu justru laki-laki, Paul McKenzie. Saya senang lagu-lagunya. Saya gambar begitu saja, diminta orang saya kasih. Bikin lagi.

Bagaimana hingga akhirnya bisa bergelut secara profesional di dunia melukis?

Kan sambil kuliah, waktu itu kos-nya di jalan Lengkong Kecil Bandung. Sebelahnya itu percetakan tempat redaksi majalah Aktuil. Majalah musik yang sangat terkenal di Bandung. Kami suka main ke situ, bantu-bantu buat ilustrasi. Keterusan. Lama-lama kuliahnya ketinggalan.

Kemudian ada orang pesan untuk buat komik. Ya sudah semakin fokus di situ. Jadi kuliahnya ketinggalan. Diomelin orangtua juga.

Komik itu mula-mula di Aktuil, lalu berseri. (soal remaja). Ceritanya sudah ada, dikasih deadline terus kita gambar. Enggak seluruhnya jadi, minggu ini harus setor ini, minggu depan setor yang lain.

Dulu gambar pakai pena (1968). Kalau sekarang pakai Boxy. Saya lebih suka pakai pena karena kita bisa menarik garis itu kalau mau tebal ditekan.  Kalau mau tipis agak dilebarkan. Sekarang pakai Boxy kan tebalnya sama semua, jadi kaku.

Konsisten dengan pena. Banyak perusahaan yang produknya perlu digambar, lama-lama kami pakai cat air. Dulu, saya ke supermarket, itu bangga sekali. Hampir semua etiket-etiket yang laku itu, saya yang bikin. Tetapi, makin ke sini, makin sedikit.

Sekarang yang masih ada tinggal Khong Ghuan, Monde  sama Nissin wafer. Karena pemiliknya sama. Buat apa apa diganti-ganti (gambarnya), itu saja sudah laku. (Antara)

 

 

 


Label: #


Berita Terkait

  • Nasional
    17 Januari 2018 | 05:21 WIB

    Jokowi Kunjungan di Jabar Mulai Bakian Tanah Hingga ke GBLA

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), mendampingi kunjungan Presiden Rebuplik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ke Jawa Barat, Selasa (16/01/2017), kemarin. Kunjungan pertama, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membagikan 1.771 ...

  • Nasional
    29 Desember 2017 | 22:29 WIB

    Bencana 2017 Renggut 377 Tewas dan 3,5 Juta Jiwa

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebutkan bencana selalu menyertai setiap waktu di tahun 2017. Data sementara, tercatat 2.341 kejadian bencana selama tahun ...

  • Nasional
    28 Desember 2017 | 19:42 WIB

    Jelang Pilkada Jabar, Ini Pesan Presiden Jokowi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Presiden Joko Widodo berpesan kepada warga Jawa Barat agar tetap menjaga persatuan menjelang, selama, sampai setelah pemilihan kepala daerah 2018. "Bapak, Ibu dan saudara-saudara saya titip, saya titip ...

  • Nasional
    18 Desember 2017 | 12:14 WIB

    Bukan Sepeda, Lima Pemuda di Bandung Dapat Investasi Langsung dari Presiden Jokowi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Presiden Indonesia Joko Widodo terkenal dengan pembagian sepeda pada siapa saja yang berhasil menjawab tantangannya, namun di Bandung Pak Jokowi bukan membagikan sepeda melainkan menanamkan investasinya untuk ...

  • Nasional
    04 Desember 2017 | 21:34 WIB

    Ngopi di Sejiwa Coffee Bandung, Presiden Langsung "ngevlog"

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Presiden Joko Widodo menyempatkan diri untuk membuat video blogging atau ngevlog saat ngopi di Sejiwa Coffee Bandung di sela kunjungan kerjanya di Jawa Barat. Melalui vlog-nya Presiden mempromosikan ...


Berita Lainnya

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • 09 Desember 2017 | 13:12 WIB

    Proyek Rumah Deret Tamansari, Emil Diskusi dengan Warga di Pendopo

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil  bersilaturahmi dengan perwakilan warga RW 11 Kelurahan Tamansari di Pendopo Kota Bandung, Jumat (8/12/2017) malam. Pada kesempatan itu, Walikota membuka ruang diskusi ...

  • 20 November 2017 | 13:02 WIB

    Petugas Kebersihan Kota Bandung Berangkat Umrah

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil didampingi Direktur Utama Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdyana memberikan penghargaan melaksanakan ibadah umroh kepada lima pegawai di lingkungan PD Kebersihan, ...

  • 21 Januari 2017 | 15:24 WIB

    Penjual Atribut Persib Menjamur di Ciamis

    CIAMIS. BERITABANDUNG.COM -- Suasana di area Stadion Galuh Ciamis pada Sabtu (21/1/2017) berbeda dibandingkan hari biasanya. Sejumlah pedagang atribut Persib Bandung nampak memenuhi markas klub tuan rumah PSGC Ciamis. Berdasarkan pantauan ...

  • @ 2013 beritabandung.com