BERITABANDUNG


  • 10 Juni 2017 | 12:24 WIB

Jembatan Pelangi Antapani Amblas Sebabkan Pipa PDAM Bocor

Editor: Yatti Chahyati


 Jembatan Pelangi Antapani Amblas Sebabkan Pipa PDAM Bocor
PDAM TIRTAWENING - Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi saat meninjau keretakan pipa PDAM di Jembatan Pelangi Antapani. (BeritaBandung)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi, meminta agar bersama mencari masalah utama keretakan yang terjadi di bawah Flyover Antapani. Pasalnya, di bawah jembatan itu terjadi ambles yang menyebabkan kebocoran pipa air milik PDAM Tirtawening Kota Bandung.

Sonny mengatakan sebelum adanya pembangunan infrastruktur yang dikenal dengan nama Jembatan Pelangi itu, salura pipa induk yang berada di Jalan Jakarta tidak mengalami masalah atau kebocoran. Namun sejak dibangun jembatan yang diresmikan oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla pada awal tahun 2017 silam, terjadi kebocoran pipa milik PDAM serta retaknya pondasi jembatan tersebut.

"Sebelum pelaksanaan pembangunan (Jembatan Pelangi) tidak bocor, tapi setelah pembangunan ada kebocoran. Jadi mari kita sama-sama cari penyebabnya," kata Sonny saat meninjau lokasi di Jalan Jakarta, Jumat (9/6/2017) malam.

Sonny menuturkan, pipa yang tertanam di bawah Jalan Jakarta itu memiliki kedalaman hingga 7 meter yang merupakan pipa induk air baku hadil dari pembungan masyarakat yang hendak diolah oleh PDAM Tirtawening Kota Bandung. Bahkan dalam saluran tersebut terdapat pipa air bersih untuk melayani masyarakat.

"Ini memang di Jalan Jakarta sampai terusan Jakarta, ada tertanam pipa air limbah kita dengan berdiameter 1 meter, dan juga ada pipa air minum. Tapi supaya tidak jadi polemik, mari kita gali bersama. Karena pipa itu duluan ada dari pada jembatan," urai Sonny.

Sonny pun menyarankan kepada instansi terkait yang mengerjakan proyek tersebut untuk tidak melakukan pengerasan untuk menutup lubang. Pasalnya jika itu dilakukan, kemungkinan besar akan terjadi keretakan kembali dan material pengerasan tersebut akan terbawa arus air dari pipa yang bocor.

"Kalau ini dibeton untuk menutup lubang, itu akan berdampak besar. Karena air di pipa itu memiliki volume yang besar dengan 2.700 liter per detik. Nah jika nanti material betok itu terkena air, pasti akan terbawa arus dan akan menyumbat," tutur dia.

Sementara itu, akibat kebocoran pipa induk tersebut disinyalir telah menyebabkan penyumbatan air. Sebab PDAM Tirtawening Kota Bandung telah mengecek saluran di Jalan Jakarta dan ditemukan adanya peningkatan debit air dengan ketinggian hingga 6meter.

"Saya minta direksi air limbah untuk ke beberapa lokasi untuk memastikan ada potensi penyumbatan atau tidak. Dan kita cek manhole di depan Lapas Kebonwaru, ternyata air di sana sudah tinggi bahkan sampai 6 meter. Biasanya tinggi air paling sampai 70 sentimeter di dasar. Jadi dugaannya ada penyumbatan," terangnya.

Namun Sonny enggan mengambil kesimpulan secara sepihak dengan temuan tersebut. Ia pun berencana untuk melayangkan surat kepada Dinas Pekerjaan Umum sebagai mitra pembangunan Jembatan Pelangi bersama Kementrian PUPR.

"Nanti saya akan melayangkan surat dulu, dan kita cari inti dari masalah ini. Karena kalau ini dibiarkan, bisa berdampak besar. Karena air di pipa induk ini tidak bisa diberhentikan karena sumbernya dari limbah masyarakat," tandas Sonny. (Ron)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com