BERITABANDUNG


  • 19 Juni 2017 | 22:10 WIB

Khawatir Jalur Mudik Kena Bencana? Cek Infonya Di Posko BPBD Jabar

Editor: Yatti Chahyati


 Khawatir Jalur Mudik Kena Bencana? Cek Infonya Di Posko BPBD Jabar
MUDIK - ilustrasi

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Untuk menjamin kelancaran arus mudik dan balik di daerah Jawa Barat, informasi akurat dan terkini mengenai keadaan lalu lintas serta kondisi jalur sangat diperlukan para pemudik.

Pemerintah Provinsi Jawa Barat melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Prov. Jabar membuka Posko Kesiapsiagaan Mudik Lebaran (1438 H) yang akan memenuhi kebutuhan warga akan informasi bencana di jalur mudik.

Kepala Pelaksana BPBD Prov Jabar Dicky Saromi menjelaskan Posko yang dibangun berbeda dari rest area biasa, karena pelayanan utama di sini adalah informasi akurat dan terkini mengenai bencana di Jawa Barat yang memiliki peluang mempengaruhi jalur/arus mudik.

“Kami siaga 24 jam dari H-7 sampai H+7 Idul Fitri 1438 H/ 2017 dan posko ini terbuka untuk umum,” katanya di lokasi Posko yang terletak di halaman Kantor BPBD Prov. Jabar Jl. Soekarno Hatta No. 629 Bandung. 

“Petugas yang siap setiap saat berjumlah 12 orang terdiri dari PNS tujuh orang dan Pusdalop Penanggulangan Bencana (PB) lima orang,” tambahnya.

Selain Posko berbentuk fisik, Dicky juga menjelaskan masyarakat dapat mengakses Hotline di (022) 7313627 – 7315274, media sosial BPBD Jabar: facebook Bpbd Prov Jabar dan twitter @BPBDjabar. “Khusus media sosial kami hadirkan info terbaru mengenai berbagai bencana yang telah terjadi di Jabar,” jelasnya.

Menurut Dicky, layanan informasi kesiapsiagaan bencana ini terintegrasi juga dengan BPBD kota/kab se-Jabar. Ini didukung dengan penggunaan teknologi informasi berbasis aplikasi untuk mempercepat pertukaran informasi mengenai kebencanaan di Jawa Barat bahkan dipergunakan juga secara internasional.

“BPBD kota/kab juga membuka Posko Kesiapsiagaan Mudik Lebaran dan terintegrasi dengan BPBD provinsi. Ditambah juga koordinasi yang intens dengan BMKG, Basarnas, TNI, Polri dan perangkat daerah Prov. Jabar,” tambahnya.

Dicky lebih lanjut menjelaskan, menurut BMKG prakiraan cuaca H-7 dan H+7 Idul Fitri akan kodusif dan cerah. Akan tetapi bencana siapa yang akan menduga datangnya. “Kami ingin masyarakat Jawa Barat dapat merayakan hari raya dengan aman dan nyaman, untuk itulah Posko ini dibentuk agar kita semua selalu waspada di jalur rawan bencana,” katanya. (tie)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com