BERITABANDUNG


  • 19 Juni 2017 | 22:13 WIB

Hindari Kebakaran, Warga Diimbau Cek Ini Sebelum Mudik

Editor: Yatti Chahyati


 Hindari Kebakaran, Warga Diimbau Cek Ini Sebelum Mudik
KEBAKARAN - ilustrasi

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Memasuki musim mudik Lebaran 2017, Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DKPB) Kota Bandung mengimbau kepada masyarakat yang hendak mudik agar kembali periksa instalasi listrik. Pasalnya sebagian besar musibah kebakaran terjadi akibat dari arus pendek listrik yang kerap terlupakan oleh masyarakat.

Menurut Kepala DKPB Kota Bandung Ferdi Ligaswara, pemahaman masyarakat untuk memeriksa kembali instalaso listrik menjelang mudik dinilai masih kurang. Hal itu terbukti masih terjadinya kebakaran pada Lebaran 2016 silam disaat masyarakag asik pulang ke kampung halaman.

"Pemahaman untuk kecenderungan tingkat kebakaran dan musibah masih kurang terutama dalam menyambut mudik. Oleh karena itu, kita himbau terutama untuk pemeriksaan instalasi listrik," kata Ferdi di kantornya, Jalan Sukabumi, Senin (19/6/2017).

Ferdi mengatakan yang patut diperhatikan adalah pemukiman padat penduduk karena relatif lebih banyak bangunan ditinggalkan. Sehingga perlu dipastikan seperti lampu, steker dan instalansi lainnya yang tidak terlalu memakan listik sehingga berakibat menimbulkan panas.

"Untuk rumah cukup dengan beberapa titik lampu itu juga dengan watt yang rendah, karena kalau dibiarkan berhari-hari dapat menimbulkan panas. Atau menggunakan lampu autocell yang otomatis mati ketika siang hari dan nyala pada malam hari, serta membantu mengurangi kejahatan," urainya.

Mengingat lebih banyak kejahatan terjadi ketika sore hari, terutama dengan lampu yang menyala yang diperkirakan tidak ada orang. Termasuk terminal listrik dicabut atau dimatikan untuk berbagai perabotan listrik seperti kipas angin, komputer, TV dan lain sebagainya.

Sementara itu, gedung apartemen dan perkantoran, sudah lebih aman karena adanya penjaga dan peralatan pemadam kebakaran yang memadai. Namun tetap pemeriksaan terus dilakukan seperti hydrant, smoke detector, termasuk sumber daya manusia yang dapat mengoperasikannya.

"Kami juga mengimbau untuk meninggalkan kontak person di RT atau RW tempat tinggal sehingga sewaktu-waktu mudah dihubungi. Juga bagi yang mengendarai kendaraan baik roda dua dan empat untuk siap siaga P3, rem dan senter," bebernya.

Guna mengoptimalkan pantauan, DKPB Kota Bandung membuka layanan kontak darurat di 022-113 yang bisa dihubungi sewaktu-waktu. Layanan tersebut pun dapat diunduh melalui gadget di playstore dengan fungsi serupa. (Ron)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com