BERITABANDUNG


  • 05 Juli 2017 | 23:36 WIB

Minim TPS, Lautan Sampah Hiasi Kawasan Cibangkong Kota Bandung

Editor: Yatti Chahyati


 Minim TPS, Lautan Sampah Hiasi Kawasan Cibangkong Kota Bandung
SAMPAH - autan sampah di kawasan Babakan Garut tepatnya di Jalan Cibangkong RT 03 RW 10 Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal. (BERITABANDUNG)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Kehadiran lautan sampah di  kawasan Babakan Garut tepatnya di Jalan Cibangkong RT 03 RW 10 Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung karena dipicu minimnya tempat pembuangan sementara (TPS). Pasalnya di kawasan Cibangkong hanya terdapat tiga TPS yang melingkupi 13 RW.

Menurut Ketua RW 10, Joko Suprapto, wilayahnya tidak mempunyai TPS untuk membuang sampah. Pasalnya RW 10 merupakan salah satu wilayah dengan pemukiman yang padat sehingga tak tersedia lahan untuk dibangun TPS.

"Warga karena kebingungan untuk buang sampah. Karena kan di RW 10 ini tidak ada TPS, jadi ya langsung buang buang aja ke lapang ini," kata Joko di lokasi, Rabu  (5/7/2017).

Joko mengatakan, tanah seluas kurang lebih 6.800 meter persegi yang kini menjadi lautan sampah tersebut merupakan lahan milik salah satu perusahaan pengembang. Namun sejak dibeli oleh pengembang tersebut, lahan itu tak dipelihara hingga menjadi lautan sampah.

"Semenjak di beli oleh salah satu perusahaan, dulunya sekeliling lapang ini ditutup. Tapi malahan jadi tempat buang sampah dari mana-mana. Yang lewat maen lempar-lempar aja sampahnya," urai dia.

Joko mengaku, sudah mengajukan untuk dibangun TPS ke pihak kelurahan. Namun hingga kini hal tersebut belum dapat direalisasikan oleh pihak kelurahan. Pasalnya jika terus dibiarkan, tumpukan sampah tersebut akan semakin menggunung sebab warga mana pun yang ada di Kelurahan Cibangkong kerap membuang sampah di lapang tersebut.

"Kami sudah mengajukan untuk TPS atau fasilitas lainnya ke kewilayahan tapi belum ada. Karena ini lahan punya orang lain, jadi enggak mungkin dibangun di sini," cetusnya.

Sementara itu Lurah Cibangkong Jana Surjana mengaku, pihaknya cukup kesulitan untuk membangun TPS bagi warga RW 10. Pasalnya lahan terbuka yang berada di RW 10 sangat minim dan sebagian besar merupakan milik perseorangan.

"Sulit juga untuk membangun TPS disana, selain lahannya minim kalau ada pun itu milik warga bukan pemerintah," kata Jana ditempat yang sama.

Jana pun telah memberikan opsi kepada warga RW 10 untuk membuang sampah ke tiga TPS yang telah ada yakni di RW 03, 11 dan 13. Namun dari ketiga TPS tersebut hanya RW 11 yang berdekatan, itu pun sudah cukup banyak tumpukan sampah karena hanya terdapat satu kontainer. (Ron)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com