BERITABANDUNG


  • 06 Juli 2017 | 19:00 WIB

Akhir Pekan, Tumpukan Sampah di Cibangkong Tuntas

Editor: Yatti Chahyati


 Akhir Pekan, Tumpukan Sampah di Cibangkong Tuntas
SAMPAH - Puluhan petugas kebersihan Pemkot Bandung membersihkan sampah di Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal. (BERITABANDUNG)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung dalam menuntaskan persoalan sampah di Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal akan menurunkan alat berat untuk menangani lautan sampah yang volumenya diperkirakan mencapai 280 kubik tersebut.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto menyatakan, masyarakat di tiga RW Kelurahan Cibangkong sudah dilarang untuk membuang sampah ke TPS liar tersebut. Jika melanggar, makamereka akan dikenakan sanksi pelanggaran terhadap Perda K3.

"Kami akan segera menyelesaikan masalah ini secara cepat dan memastikan ini tidak akan terjadi lagi. Kami pun sudah mengamanatkan aparat kewilayahan untuk melakukan penungguan oleh Linmas dan Satpol PP," ujar Yossi di Balaikota Bandung, seusai acara Halal Bihalal ASN Kota Bandung di Plaza Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana, Kamis (6/7/2017).

Mengingat banyaknya volume sampah, lanjut Yossi, pihaknya akan meminta bantuan pasukan Zipur melalui Kodim untuk menurunkan alat berat. Jika alat berat sudah bisa masuk, tiga hari kemudian permasalahan sampah Cibangkong akan tuntas.

“Karena sulit membuang sampah sebanyak itu, kami akan meminta bantuan Zipur untuk menurunkan alat berat. Kalau perlu hari Sabtu sudah mulai. Kalau Sabtu sudah mulai, minggu depan persoalan sampah di Cibangkong bisa terselesaikan,” tutur Sekda.

Lebih lanjut menurut Sekda secara formal permohonan bantuan kepada zipur melalui Kodim sudah dilakukan dengan mengirimkan suratnya.

"Secara personal pun, selaku sekda saya sudah menghubungi Dandim untuk minta bantuan personal dalam mendukung DLHK, PD Kebersihan dan Gober untuk menyelesaikan permasalahan sampah tersebut," jelasnya.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung Salman Fauzi menambahkan, TPS liar di Kelurahan Cibangkong sudah ditutup. Warga pun nantinya bisa buang sampah ke kendaraan bergerak berupa motor triseda yang akan dilanjutkan ke kontainer yang berada di kawasan Jalan Laswi.

"Solusinya, sesuai dengan hasil koordinasi dengan kewilayahan, masyarakat nantinya membuang sampah ke triseda yang ada di tiap RW. Triseda itu nantinya bergerak untuk membuang sampahnya ke kontainer mobile yang disimpan di sekitar Jalan Laswi,” ungkap Salman.

Salman memastikan, kontainer mobile yang stand by dari jam 06.00-09.00 tersebut mampu menampung volume sampah yang dihasilkan masyarakat di ketiga RW di Kelurahan Cibangkong. Kalaupun kurang Pemkot Bandung siap melakukan penambahan kontainer mobile.

“Masyarakat di tiga RW di Cibangkong nantinya bisa buang sampah ke triseda atau kontainer mobile antara pukul 06.00-09.00. Jangan sampai ada yang membuang sampah ke TPS liar itu lagi. Kalau tidak, mereka akan disanksi sesuai  ketentuan yg  berlaku.(Ron)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com