BERITABANDUNG


  • 08 Juli 2017 | 09:22 WIB

Begini Kalau Trump dan Putin Akhirnya Bertemu

Editor: Yatti Chahyati


 Begini Kalau Trump dan Putin Akhirnya Bertemu
POLITIK - Presiden AS Donald Trump berjabat tangan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam pertemuan bilateral mereka di KTT G20 di Hamburg, Jerman, 7 Juli 2017. (REUTERS/Carlos Barria/Antara)

HAMBURG, BERITABANDUNG.COM --  Dalam pertemuan yang berlangsung lebih lama dari rencana kedua pihak, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin pada Jumat membahas tuduhan bahwa Rusia turut campur dalam pemilihan presiden Amerika Serikat namun sepakat untuk fokus pada hubungan yang lebih baik ketimbang memperkarakan masa lalu.

Trump, anggota Partai Republik yang menyebut pertemuannya dengan presiden Rusia sebagai suatu "kehormatan", di tanah airnya menuai kritik dari Demokrat, yang menuduh dia mengabaikan intelijen Amerika Serikat dan menakar terlalu berat bantahan Putin yang disampaikan kembali pada Jumat.

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Rex Tillerson mengatakan kepada para reporter di Konferensi Tingkat Tinggi para pemimpin negara ekonomi utama G20 di Hamburg, Jerman, bahwa Trump memiliki "positive chemistry" dengan Putin selama pertemuan yang berlangsung sekitar dua jam dan 15 menit itu.

Ia membuka diskusi dengan menekan Putin mengenai "keprihatinan orang Amerika mengenai campur tangan Rusia dalam pemilu 2016" dan mendapat pertukaran besar, kata Tillerson.

Presiden Rusia membantah ikut campur dalam proses demokrasi Amerika Serikat tahun lalu dan Moskow meminta bukti kalau itu memang terjadi.

Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov mengatakan Trump menerima pernyataan tegas Putin bahwa tuduhan-tuduhan yang didukung oleh badan-badan intelijen Amerika Serikat itu bohong.

Tillerson mengatakan keduanya kemudian meninggalkan bahasan itu dan melanjutkan diskusi.

"Para presiden fokus pada bagaimana kita bergerak maju dari apa yang mungkin hanya merupakan ketidaksepakatan degil pada titik ini," kata Tillerson.

Penjelasan itu tidak mendapat sambutan baik dari Demokrat.

"Berusaha mengkompromikan integritas proses pemilu kita tidak bisa menjadi dan seharusnya bukan satu area tempat 'sepakat untuk tidak sepakat' merupakan kesimpulan yang bisa diterima," kata ketua senat Demokrat Chuck Schumer dalam satu pernyataan.

Kedua pemimpin  menghabiskan banyak waktu membahas Suriah, dan setelah pertemuan mereka satu kesepakatan antara Amerika Serikat, Rusia dan Yordania mengenai gencatan senjata di bagian barat daya Suriah diumumkan.

Trump dan Putin berbicara lewat penerjemah dengan masing-masing menteri luar negeri hadir selama enam menit sebelum para reporter diizinkan masuk ke ruangan untuk mendengarkan pernyataan mereka. Sesudahnya para reporter diminta keluar dan pertemuan berlanjut.

"Presiden Putin dan saya membahas bermacam-macam hal, dan saya pikir ini berjalan sangat baik," kata Trump kepada para reporter, duduk berdampingan dengan pemimpin Rusia.

"Pembicaraan kami sangat-sangat baik... Kami menantikan banyak hal-hal positif terjadi untuk Rusia, untuk Amerika Serikat dan untuk semua orang yang peduli. Dan adalah suatu kehormatan bisa bersama dengan Anda."

Putin, lewat penerjemah, mengatakan: "Kami bicara lewat telepon dengan Anda beberapa kali," menambahkan : "Pembicaraan lewat telepon itu tidak pernah cukup."

"Saya gembira bisa bertemu dengan Anda secara personal Tn. Presiden," katanya, menyatakan bahwa dia berharap pertemuan itu akan membawa hasil.

Kedua pria itu bicara dengan kaki terentang. Trump mendengarkan dengan seksama saat Putin bicara.

Pertemuan itu berlangsung lebih lama dari perkiraan dan Ibu Negara Melania Trump tiba di satu titik untuk mendorong mereka menyelesaikan pembicaraan menurut Tillerson. Keduanya kemudian bergabung dengan para pemimpin G20 lainnya dalam satu konser. Ny. Trump duduk di samping Putin saat makan malam.(Reuters/Antara)


Label: #


Berita Terkait

  • Dunia
    22 Januari 2018 | 07:40 WIB

    Google Doodle Peringati Sergei EisensteinGoogle Doodle Peringati Sergei Eisenstein

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM – Hari ini Google Doole memperingari tokoh dunia oleh Sergei Eisenstein, yang juga dikenal sebagai sang Bapak Montase. Menampilkan gambar seorang sosok lelaki dengan gulungan roll film, yang menggambarkan ...

  • Dunia
    12 Desember 2017 | 11:15 WIB

    Penjualan The War EXO Sampai 1,6 Juta Keping

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- "The War", album keempat milik boy group EXO terjual hampir 1,6 juta keping, ungkap agensi EXO, SM Entertainment, Senin (11/12/2017). Hingga akhir November lalu, album versi asli dan ...

  • Dunia
    11 Desember 2017 | 08:27 WIB

    Google Doodle Rayakan Ulang Tahun Peraih Nobel FIsika Max Born

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM – Hari ini Google Doodle merayakan ulang tahun ke-135 Max Born. Siapa Max Born? Dikutip dari Wikipedia, Maxborn adalah seorang fisikawan Jerman dan matematikawan yang dianugerahi Hadiah Nobel ...

  • Dunia
    31 Oktober 2017 | 06:48 WIB

    Peringati Halloween Google Doodle Bikin Animasi Hantu Imut

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM – Halloween biasanya identic dengan hantu –hantu menyeramkan, nah hari ini untuk memperingati Halloween Google Doodle justru membuat animasi imut yang berkisah tentang hantu. Dalam animasinya google doodle mengisahkan ...

  • Dunia
    17 Oktober 2017 | 08:11 WIB

    ISIS Klaim Tembakkan Roket Ke Israel

    YERUSALEM, BERITABANDUNG.COM -- Kelompok ISIS pada Senin (16/10) mengklaim bertanggung jawab atas penembakan dua roket dari Semenanjung Sinai ke Israel selatan. Serangan itu mengenai daerah Eshkol di dekat perbatasan pada Minggu ...


Berita Lainnya

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • 09 Desember 2017 | 13:12 WIB

    Proyek Rumah Deret Tamansari, Emil Diskusi dengan Warga di Pendopo

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil  bersilaturahmi dengan perwakilan warga RW 11 Kelurahan Tamansari di Pendopo Kota Bandung, Jumat (8/12/2017) malam. Pada kesempatan itu, Walikota membuka ruang diskusi ...

  • 20 November 2017 | 13:02 WIB

    Petugas Kebersihan Kota Bandung Berangkat Umrah

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil didampingi Direktur Utama Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdyana memberikan penghargaan melaksanakan ibadah umroh kepada lima pegawai di lingkungan PD Kebersihan, ...

  • 21 Januari 2017 | 15:24 WIB

    Penjual Atribut Persib Menjamur di Ciamis

    CIAMIS. BERITABANDUNG.COM -- Suasana di area Stadion Galuh Ciamis pada Sabtu (21/1/2017) berbeda dibandingkan hari biasanya. Sejumlah pedagang atribut Persib Bandung nampak memenuhi markas klub tuan rumah PSGC Ciamis. Berdasarkan pantauan ...

  • @ 2013 beritabandung.com