BERITABANDUNG


  • 16 Juli 2017 | 20:28 WIB

Minggu Lansia jadi Program Pemkot Bandung

Editor: Yatti Chahyati


 Minggu Lansia jadi Program Pemkot Bandung
PEMKOT BANDUNG - ilustrasi (instagram ridwan kamil)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pemerintah Kota Bandung secara resmi melucurkan program "Minggu Lansia" sebagai upaya memperhatikan nasib para warga lanjut usia yang hidup sebatang kara dengan ditemani para relawan tiap akhir pekan.

"Konsep dari kami, Indexs Of Happiness Project atau program indeks kebahagiaan. Anak-anak sudah, pemuda sudah, perempuan sudah, nah yang lansia belum. Jadi sekarang kita udah meresmikannya," ujar Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat meresmikan program "Minggu Lansia" di Balaikota Bandung, Minggu (16/7/2017).

Seperti BeritaBandung kutip dari Antara, Ridwan mengatakan, para Lansia ini akan didampingi oleh para relawan untuk melakukan berbagai aktivitas selama seharian penuh, seperti mengaji, mendengar curhatan, mengajak jalan-jalan, serta berbagai aktivitas lainnya.

"Jadi terserah mereka (antara lansia dan relawan), asal jangan dibawa ke KUA (kantor urusan agama)," kata dia.

Teknisnya, kata Emil sapaan akrab Ridwan Kamil, relawan yang berjumlah 2.100 ini akan mendatangi setiap rumah-rumah yang dihuni lansia dan mengajak melakukan aktivitas sesuai kebutuhan mereka.

"Mudah-mudahan ini contoh lansia bahagia, semoga kota-kota lain bisa mengikuti dan lansia di Indonesia bisa bahagia," kata dia.

Keseriusan Pemkot Bandung dalam memperhatikan nasib para lansia yakni dengan membentuk satuan kerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Perlindungan Anak dan Perempuan.

Dinas tersebut baru dibentuk seiring dengan adanya perubahan Struktur Organisasi Tata Kerja (SOTK) pada awal 2017 dan khusus menangani setiap urusan-urusan terkait anak-anak, perempuan, dan lansia..

"Sejak setahun yang lalu, Pemkot Bandung meyakinkan Kemendagri agar kami diizinkan punya dinas yang mengurusi lansia, Alhamdulillah dipenuhi. Kota Bandung menjadi yang pertama yang punya dinas mengurusi lansia," kata dia.

Dengan adanya dinas baru serta program ini, ia berharap lansia di Kota Bandung tidak lagi kesepian, dapat berinteraksi serta memberikan inspirasi pada generasi muda.

"Pembangunan tidak hanya fisik, pembangunan itu dengan mentalnya juga. Di Bandung contoh kota seimbang lahir batin, seimbang antara kemanusiaan, agama, dan pembangunan infrastruktur," ujarnya. (*)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 Januari 2017 | 15:24 WIB

    Penjual Atribut Persib Menjamur di Ciamis

    CIAMIS. BERITABANDUNG.COM -- Suasana di area Stadion Galuh Ciamis pada Sabtu (21/1/2017) berbeda dibandingkan hari biasanya. Sejumlah pedagang atribut Persib Bandung nampak memenuhi markas klub tuan rumah PSGC Ciamis. Berdasarkan pantauan ...

  • 20 Januari 2017 | 21:42 WIB

    Inilah Impian Sang Idol Junior 2017

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM --  Mimpi adalah kunci untuk kita menaklukkan dunia, Berlarilah tanpa lelah sampai engkau meraihnya… Lagu dari group band Nidji ini sepertinya sedang mewakili mimpi para kontestan Indonesian Idol Junior ...

  • 19 Januari 2017 | 21:01 WIB

    Satu Pesawat Jatuh, Presiden Tak Setuju TNI Beli A400M Atlas

    JAKARTA, BERITABANDUNG.COM – Akibat unit A400M Atlas Jatuh di Sevilla pada Mei 2015 lalu, membuat Presiden Ri Jokowi tak setujui permintaan TNI membeli pesawat tersebut. Hal itu diungkapkan Panglima TNI, ...

  • 09 Januari 2017 | 22:55 WIB

    Pemain Barca Tidak Hadiri Acara Penghargaan FIFA

    SPANYOL,BERITABANDUNG -- Pemain Barcelona memutuskan untuk tidak menghadiri penganugerahan FIFA Best Award di Zurich, Swiss, Senin (9/1/2017), atau Selasa (10/1/2017) dinihari WIB. Seperti yang yang dilansir marca, seluruh pemain akan tinggal ...

  • 08 Januari 2017 | 21:12 WIB

    Ini Alasan Conte Mengapa Senang Dengan Cesc Fabregas

    INGGRIS, BERITABANDUNG.COM -- Antonio Conte memuji sikap Cesc Fabregas yang tidak meributkan tentang dirinya membangku cadangkan pemain asal Spanyol tersebut. Fabregas telah menemukan dirinya dan mendukung Conte untuk selalu memainkan Nemanja ...

  • @ 2013 beritabandung.com

Search Engine Submission - AddMe - Portal Berita beritabandung.com