BERITABANDUNG


  • 18 Juli 2017 | 17:10 WIB

Air Sirup Pelanggan PDAM Tirtawening Mengandung Zat Pewarna dan Minyak

Editor: Yatti Chahyati


 Air Sirup Pelanggan PDAM Tirtawening Mengandung Zat Pewarna dan Minyak
PDAM TIRTAWENING - Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi, saat memaparkan hasil uji lab terkait air berwarna merah di daerah Astana Anyar, di PDAM Jalan Badak Singa, Selasa (18/7/2017). (BERITABANDUNG)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Hasil uji laboratorium terkait air berwarna merah di daerah Astana Anyar telah dikeluarkan oleh Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung yang terjadi pada 13 Juli 2017 lalu.

Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung Sonny Salimi, uji laboratorium tersebut menghasilkan bahwa air berupa sirup di daerah Astana Anyar mengandung zat pewarna dan pelekat berupa minyak.

"Air itu mengandung warna sintetik dan baunya pelarut dari golongan minyak. Kita tidak bisa menguji sampai detail karena samplenya sedikit," kata Sonny di kantor PDAM Tirtawening Kota Bandung, Jalan Badak Singa, Selasa (18/7/2017).

Sonny menuturkan, selain melakukan uji laboratorium pihaknya juga melakukan investigasi untuk mengetahui sumber adanya air berupa sirup tersebut. Namun setelah dilakukan uji kebocoran, pihaknya tidak menemui pipa yang bocor di seluruh saluran di kawasan tersebut.

"Tim melakukan uji kebocoran dengan cara menutup empat aliran dan memasukan air kedalam saluran itu melalui mobil tanki. Dan dipastikan tidak ada yang bocor," imbuhnya.

Terlebih, lanjut Sonny, pipa yang terpasang di kawasan tersebut telah ternaman di dalaman 40 hingga 50 centimeter di bawah permukaan. Namun kondisi pipa tersebut juga dipastikan masih normal tidak ada kerusakan apapun.

"Kita juga sudah cek di sekitar lokasi tidak ada sungai yang mengalir secara continue. Ada saluran drainase tapi cenderung kering," beber dia.

Atas hal itu Sonny pun memastikan bahwa PDAM tidak memproduksi air berwarna merah. "Kita pastikan sumber air produksi kita aman, tidak merah. Kita punya bukti hasil pengujiannya setiap saat," tegas Sonny.(Ron)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com