BERITABANDUNG


  • 25 Juli 2017 | 11:34 WIB

100 Jenis Burung Di Jabar Terancam Punah

Editor: Yatti Chahyati


 100 Jenis Burung Di Jabar Terancam Punah
BURUNG - ilustrasi

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM – Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar menyebutkan jika saat ini ada sekitar 100 jenis burung di Jawa Barat yang sudah masuk masa kritis kehidupannya. Hal itu disebabkan makin terancamnya habitat kehidupannya serta penangkaran dan perburuan liar membuat kehidupan burung itu makin terancam punah.

Hal tersebut diungkapkan Deddy usai membuka Pelestarian Burung-Burung Liar dan Kampanye Pelepasan Burung Liar di Taman Hutan Tahura, Jalan Dago Pakar, Selasa (25/7/2017) pagi.

“Indonesia termasuk salah satu habitat burung terbanyak di dunia, bahkansekitar 380nya ada di Jawa Barat. Namun karena banyaknya habitat burung yang rusak membuat sekitar 100 jenis burung langka di Jawa Barat terancam punah,” papar Deddy.

Ia berharap dengan adanya kampanye pelepasan burung mampu menjadi salah satu gerakan untuk melepaskan burung di penakaran. “Jadi bukan hanya penakaran dan diburu namun bisa dikembangkan untuk kembali di lepas, jadi ada kontribusi dari para penakar burung bukan hanya jadi komoditas saja namun pelestariannya harus diperhatikan juga,” tegasnya.

Namun Deddy menegaskan kampanye pelepasan burung itu juga harus dibarengi dengan perbaikan habitat tempat tinggal mereka.

“Karena kalau hutannya terus di musnahkan bagaimana mereka makan, tetap saja akan mati karena tidak adanya tempat tinggal dan sumber makanan bagi burung-burung itu,” ujarnya.

Deddy mengaku jika ekspolitasi hutan di Jabar sudah cukup mengkhawatirkan, terutama dengan adanya berbagai pembangunan di berbagai daerah. Namun hal itu bisa diperbaiki sedikit demi sedikit untuk mengembalikan habitat dan juga hutan di Jabar.

“Mari kita perbaiki hutan di Jabar jangan berbicara kebelakang, mari kita berbicara sekarang dan kedepan karena jika tidaks egera kita perbaiki maka akan mengakibatkan bencana yang akan merugikan manusia juga,” tegasnya.(tie)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • 09 Desember 2017 | 13:12 WIB

    Proyek Rumah Deret Tamansari, Emil Diskusi dengan Warga di Pendopo

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil  bersilaturahmi dengan perwakilan warga RW 11 Kelurahan Tamansari di Pendopo Kota Bandung, Jumat (8/12/2017) malam. Pada kesempatan itu, Walikota membuka ruang diskusi ...

  • 20 November 2017 | 13:02 WIB

    Petugas Kebersihan Kota Bandung Berangkat Umrah

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil didampingi Direktur Utama Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdyana memberikan penghargaan melaksanakan ibadah umroh kepada lima pegawai di lingkungan PD Kebersihan, ...

  • 21 Januari 2017 | 15:24 WIB

    Penjual Atribut Persib Menjamur di Ciamis

    CIAMIS. BERITABANDUNG.COM -- Suasana di area Stadion Galuh Ciamis pada Sabtu (21/1/2017) berbeda dibandingkan hari biasanya. Sejumlah pedagang atribut Persib Bandung nampak memenuhi markas klub tuan rumah PSGC Ciamis. Berdasarkan pantauan ...

  • @ 2013 beritabandung.com