BERITABANDUNG


  • 28 Juli 2017 | 21:12 WIB

Hari Ini Kloter Pertama Haji Jabar Berangkat

Editor: Yatti Chahyati


 Hari Ini Kloter Pertama Haji Jabar Berangkat
HAJI - Aher melepas 404 jemaah haji Jabar yang mulai berangkat hari ini. (ist)

BEKASI, BERITABANDUNG.COM -- Kelompok Terbang (Kloter) pertama Jamaah Haji Jawa Barat 1438 H/2017, secara resmi dilepas keberangkatannya oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), di Asrama Haji Embarkasi Jakarta-Bekasi Provinsi Jawa Barat, Margajaya, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jumat (28/7/2017).

Aher menjelaskan, bahwa sebanyak 404 jemaah Calon Haji (calhaj) yang dilepas keberangkatan olehnya itu, merupakan jemaah haji asal Kabupaten Cianjur. Keberangkatan kloter pertama, Kabupaten Cianjur, merupakan hasil penentuan yang dilakukan secara undi, pada Jumat (21/4/ 2017) lalu, di Prama Grand Preanger Bandung, Bandung.

Selanjutnya Aher menuturkan, secara keseluruhan penyelenggaraan haji kali ini dirasa lebih baik, dan lancar dari pada penyelenggaraan sebelumnya.

"Penyelenggaraan haji kali ini lebih lancar, lebih tertib, urusan visa lancar banget dulu ada cerita visa belum beres, sekarang tidak ada cerita itu lagi," kata Gubernur Aher usai acara pelepasan.

Aher pun kemudian berpesan kepada para jamaah, untuk bisa menjaga diri, menjaga keutuhan kelompoknya, dan tentu menjaga keharuman nama baik Indonesia di negeri Arab pada saat menjalankan ibadah haji.

"Haji adalah ibadah yang komplit, ibadah harta, ibadah jasmani, sekaligus ruh. Mari kita hadirkan ketulusan, kita tidak pergi ke sana kecuali memenuhi panggilan-Nya," katanya.

"Ini perlu ditegaskan supaya setiap langkah seluruhnya dilakukan karena Allah, jangan disia- siakan, mahal ini ibadah!" tegas Aher.

Aher pun tak lupa mengimbau, agar para jamaah haji tidak menonjolkan egonya sendiri. Karena setiap keberangkatan jemaah, terdapat Ketua Kloter yang berhak mengatur, memutuskan, dan memimpin rombongan.

"Jangan lupa perhatikan juga jumlah anggota. Kalau misalkan kita sekali pergi 20 orang, pulang harus 20 lagi, jangan jadi 15," imbuh Aher.

Sementara itu, Kepala Kanwil Kemenag Jabar, A. Buchori, menuturkan Jamaah haji asal Jawa Barat keseluruhannya berjumlah 39.329 orang. Terdiri dari 38.593 orang jamaah, 480 orang petugas haji kloter, yang terdiri dari; TPHI, TPIHI, dan PKHI, dan 256 orang adalah TPHD.

"Jemaah haji pada tahun ini diberangkatkan dengan memakai peralatan Boeing 777, dengan jumlah penumpang sebanyak 410 orang," papar Buckhori.

Adapun jemaah haji Jawa Barat terbagi dalam 96 kloter dengan 79 kloter utuh dan 17 kloter gabungan, masa operasional pemberangkatan jamaah haji yaitu selama 30 hari, terdiri dari 15 hari gelombang pertama dengan rute penerbangan Jakarta-Madinah, dan 15 hari gelombang kedua dengan rute penerbangan Jakarta-Jedah.

"Selanjutnya, masa tinggal Jamaah Haji di Arab Saudi itu selama 41 hari, ini bertambah dari tahun lalu yang antara 39 -40 hari, seiring bertambahnya jumlah kuota. Adapun wukuf diperkirakan akan jatuh pada tanggal 31 Agustus 2017," terangnya. (*)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com