BERITABANDUNG


  • 30 Juli 2017 | 15:00 WIB

Bandung West Java Marathon, Jadi Gerbang Promosi Wisata

Editor: Yatti Chahyati


 Bandung West Java Marathon, Jadi Gerbang Promosi Wisata
MARATHON - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) memberikan aba-aba start pada Helatan Pocari Sweat Bandung West Java Marathon pukul 05.15 WIB dini hari. (ist)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) memberikan aba-aba start pada Helatan Pocari Sweat Bandung West Java Marathon pukul 05.15 WIB dini hari. 6.500 pelari dalam dan luar negeri yang terbagi pada lima kategori, mencurahkan energinya untuk mencapai target yang ingin dicapainya.

Kelima kategori yang dilombakan diantaranya; full marathon (42 kilometer), half marathon (21 kilometer), 10 K (kilometer), 5 K (kilometer) dan kid dash (untuk anak-anak).

"Ini kegiatan yang baik, kita beri nama 'Bandung West Java Marathon'. Ini event skala besar diikuti peserta dari berbagai kota, provinsi, bahkan luar negeri, kita harapkan ini bisa jadi event tahunan," kata Gubernur Aher di Gedung Sate Bandung, Minggu (30/07/2017) pagi.

Dengan lokasi start dan finish di Jl. Diponegoro, depan Gedung Sate, para peserta berlari keliling Kota Bandung melewati jalan-jalan ikonik Kota Bandung seperti diantaranya jalan Layang Pasupati, Jembatan Pelangi, Gedung Merdeka, alun-alun Kota Bandung, dan jalan Braga.

Aher berencana kedepan, kegiatan serupa tak hanya digelar di Bandung saja, karena event ini bertajuk 'West Java', maka bisa dilaksanakan di berbagai kota lainnya di Jawa Barat.

"Sangat mungkin kita lakukan seperti itu, karena membawa nama 'West Java', kegiatan ini bisa dilakukan di kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat," katanya.

Gubernur juga menuturkan pemilihan rute ini tersebut merupakan hasil pertimbangan dalam mewujudkan 'sport tourism.' Pelari yang terdaftar pun lebih dari 75 persennya berasal dari luar Kota Bandung. Bahkan, terdapat peserta dari negara tetangga seperti diantaranya Singapura, Malaysia, Tiongkok, Amerika Serikat dan sejumlah negara lainnya.

"Ini sudah promosi pariwisata, sudah sangat banyak peserta dari berbagai kota, dengan rute yang ditempuh, peserta sudah diajak keliling kota dikenalkan pada ikon-ikon khas disini," tuturnya.

"Kemudian supaya potensi wisata lebih menonjol, ya itu, kegiatan ini bisa dilaksanakan di kota lainnya di Jawa Barat, untuk mengeksplore wisata di kota lainnya di Jawa Barat," tambah Aher.

Selain itu, kekhasan Jawa Barat lainnya juga ditampilkan, melalui sajian stand-stand kuliner, dan tampilan kesenian tradisional Jawa Barat.

Hingga mencapai garis finish, para juara di tiap kategori berhak menerima hadiah, yang diserahkan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. (*)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com