BERITABANDUNG


  • 08 Agustus 2017 | 10:14 WIB

Bandung Bike Sharing Ajak Kamu Berkeliling Bandung dengan Sepeda

Editor: Yatti Chahyati


 Bandung Bike Sharing Ajak Kamu Berkeliling Bandung dengan Sepeda
BIKE SHARING - fasilitas Bike sharing yang bisa dipinjang. (infobdg)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Menikmati suasana Kota Bandung kini bisa dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas Bandung Bike Sharing atau Bike on The Street Everybody Happy (Boseh) yang disediakan oleh Pemerintah Kota Bandung.

Petugas Bandung Bike Sharing di Jalan Asia Afrika Chandra Fauzi Ramadhani, Selasa (8/8/2017), menuturkan Boseh adalah fasilitas penyewaan sepeda di Kota Bandung yang mulai dioperasikan pada tanggal 3 Juli 2017 Bandung.

Fasilitas penyewaan sepeda kali ini sedikit berbeda dengan Bike Sharing sebelumnya. Perbedaannya adalah kali ini Pemkot Bandung menggunakan sistem smart card sebagai alat transaksi peminjamaan sepedanya.

"Bandung Bike Sharing ini juga bisa buat ngurangin kemacetan di Kota Bandung dan juga bisa jadi sarana hiburan yakni berkeliling menikmati Kota Bandung dengan sepeda," kata dia.

Untuk menikmati fasilitas Boseh ini, warga cukup datang ke pos-pos yang menyediakan fasilitas ini, harus berusia minimal 17 tahun dan memiliki KTP elektronik.

"Setelah ngasih e-KTP nanti kita data terus kita kasih kartu member yang berlaku seumur hidup buat penggunanya, setelah itu warga dapat langsung menggunakan sepeda tersebut," kata dia.

Ia menambahkan, untuk warga Bandung yang kurang mengerti penggunaan sepedanya, ada operator yang akan menjelaskan bagaimana tata cara penggunaan sepeda tersebut.

Petugas operasional yang bertugas akan membantu warga yang menggunakan fasilitas ini agar tidak kesulitan dalam mengakses fasilitas tersebut.

"Jadi nanti ada petugas yang bakal membantu warga mengeluarkan sepeda dari dock sepeda dan membantu memperkenalkan bagaimana cara mengakses kartu member yang sudah dimiliki.

Saat ini ada 19 DOCK (tempat parkir sepeda) di kota Bandung, tetapi hanya 4 lokasi saja yang menyediakan fasilitas untuk registrasi, yaitu di Jalan Asia Afrika, Taman Cibeunying, Jalan RE Martadinata atau Jalan Riau, dan Taman Lansia Kota Bandung.

Selain itu, warga tetap bisa menggunakan sepeda di lokasi lain yang tidak memiliki pos registrasi, jika sudah memiliki kartu member.

Candra mengatakan, setelah memiliki kartu member pengguna dapat menggunakan sepeda di dock manapun, dan dapat juga mengembalikan ke dock manapun, sepeda pun dapat digunakan di seluruh Kota Bandung, bukan hanya di bagian-bagian yang memiliki dock atau pos registrasi bike sharing.

Bandung Bike Sharing ini beroperasi dari pukul 08.00-15.00 WIB, jika ada insiden kehilangan sepedah, ada petugas monitoring yang akan langsung bertindak untuk mencari sepeda dan pengguna sepeda tersebut dikarenakan tim operasional Bandung Bike Sharing sudah mengantongi data-data para pengguna fasilitas ini. (Antara)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com