BERITABANDUNG


  • 28 Agustus 2017 | 07:27 WIB

Kalahkan CIna, Ganda Campuran Indonesia Raih Gelar Kejuaraan Dunia Kali Kedua

Editor: Yatti Chahyati


 Kalahkan CIna, Ganda Campuran Indonesia Raih Gelar Kejuaraan Dunia Kali Kedua
BADMINTON - Pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, (antara)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- - Pasangan ganda campuran, Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, mendapatkan gelar kedua Kejuaraan Dunia-nya setelah meraih hasil positif dalam partai final turnamen edisi 2017 yang dilangsungkan di Emirates Arena, Glasgow, Skotlandia, Minggu malam waktu setempat (27/8).

Berdasarkan laman resmi Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) yang dipantau di Jakarta, Senin dini hari WIB, Tontowi/Liliyana yang merupakan peringkat tiga dunia, berhasil menumbangkan wakil China peringkat satu dunia, Zheng Siwei/Chen Qinchen, dalam laga melelahkan selama 55 menit yang berkesudahan 15-21, 21-16, 21-15.

Dalam pertarungan partai final tersebut permainan ketat tersaji sejak awal gim pembuka dengan perolehan poin ketat dan beberapa kali terjadi hasil imbang hingga 6-6.

Selepas itu, pasangan China langsung tancap gas dengan mengumpulkan tiga poin beruntun hingga skor 9-6, walau poin demi poin dikumpulkan Tontowi/Liliyana, Zheng/Chen mampu menutup jeda interval pertama dengan memimpin 11-9.

Selepas jeda interval, Tontowi/Liliyana langsung bisa menyamakan kedudukan 11-11, akan tetapi Zheng/Chen mampu kembali leading tiga poin, bahkan mereka mampu memperlebar jarak dan meninggalkan poin pasangan Indonesia hingga lima poin 13-18.

Walaupun poin demi poin berhasil dikumpulkan Tontowi/Liliyana mereka tidak mampu membendung kemenangan duet China di gim pembuka ini dengan skor 21-15.

Di gim kedua, permainan ketat dengan skor imbang kembali disajikan kedua pasangan hingga kedudukan 7-7. Selepas keadaan kejar mengejar angka itu, Tontowi/Liliyana mampu mendominasi permainan dan mengakhiri jeda interval gim kedua dengan kedudukan 11-8.

Selepas jeda interval gim kedua, pasangan Indonesia berhasil menjaga jarak angka dari Zheng/Chen bahkan hingga lima angka di poin 15-10, namun perlahan duet China mendekati perolehan poin Tontowi/Liliyana hingga berjarak dua poin 16-14.

Akan tetapi, poin duet Indonesia kembali menjauh dan bisa memaksakan dimainkannya gim penentu dengan kemenangan 21-16.

Di gim pamungkas, terlihat ada penurunan performa pasangan China yang membuat Tontowi/Liliyana berhasil terus leading perolehan poin sejak awal laga, bahkan mampu menutup jeda interval dengan kemenangan 11-1.

Pasangan Indonesia mampu menambah satu poin selepas jeda interval, namun karena ada faktor kesalahan sendiri, membuat Zheng/Chen perlahan memperkecil ketertinggalan angka hingga 12-5.

Poin pasangan Indonesia yang tampaknya sudah sulit terkejar, mulai kembali melebar dengan selisih antara 6-10 angka hingga 19-13, akhirnya smash dari Tontowi Ahmad mampu menyudahi laga dengan kedudukan 21-15.

Dengan hasil ini Tontowi/Liliyana berhasil memberikan satu-satunya gelar Kejuaraan Dunia bulu tangkis 2017 bagi Indonesia, sekaligus menjadi yang kedua bagi mereka setelah sebelumnya diraih di Guangzhou, China, pada 2013 lalu.

Adapun di nomor lainnya, pasangan ganda putra Indonesia Mohammad Ahsan/Rian Saputro harus puas menjadi peringkat dua selepas ditundukan wakil China, Liu Cheng/Zhang Nan dalam pertarungan selama 37 menit yang berakhir dengan skor 10-21, 17-21.

Sedangkan di ganda putri, duet peringkat empat dunia asal China, Chen Qinchen/Jia Yifan, menjadi juara selepas menyudahi perlawanan apik duet Jepang berperingkat sembilan dunia Yuki Fikushima/Sayaka Hirota 21-18, 17-21, 21-15 dalam pertarungan selama satu jam 24 menit.

Nozomi Okuhara menjadi pemain pertama Jepang, yang meraih gelar juara tunggal putri Kejuaraan Dunia bulu tangkis usai mengalahkan wakil India, Pusarla V Sindhu, lewat pertarungan sengit tiga gim selama satu jam 50 menit yang berkesudahan dengan skor 21-19, 20-22, 22-20.

Sementara di tunggal putra, pemain Denmark Viktor Axelsen menjadi pemain Negeri Skandinavia ketiga yang meraih gelar Kejuaraan Dunia bulu tangkis setelah berhasil memetik kemenangan atas pemain berpengalaman China Lin "Super" Dan dalam pertarungan dua gim sepanjang 54 menit berkesudahan 22-20, 21-16. (Antara)


Label: #


Berita Terkait

  • Olahraga
    15 Januari 2018 | 08:59 WIB

    Tak Terbendung, Barcelona Bekuk Sociedad 4-2

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Barcelona menunjukkan kelasnya sebagai klub raksasa Liga Spanyol dengan menundukkan Real Sociedad 4-2 pada pertandingan La Liga pekan ke-19 di Stadion Anoeta, Minggu waktu setempat atau Senin ...

  • Olahraga
    15 Januari 2018 | 08:56 WIB

    Taklukan City Pembuktian Liverpool Tanpa Coutinho

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Jurgen Klopp menyebut kemenangan Liverpool atas Manchester City dengan skor 4-3 merupakan sebuah "pernyataan besar" bahwa The Reds tetap perkasa kendati tidak diperkuat Philippe Coutinho yang hengkang ...

  • Olahraga
    07 Januari 2018 | 16:07 WIB

    Hadapi Islandia, Ini 22 Pemain Indonesia Selection

    JAKARTA, BERITABANDUNG.COM -- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI), Minggu, mengumumkan 22 pemain tim Indonesia Selection yang akan berhadapan dengan tim nasional Islandia Kamis pekan depan di Stadion Maguwoharjo, Sleman, ...

  • Olahraga
    23 Desember 2017 | 21:18 WIB

    Madrid Dipermalukan Barca 3-0 Dikandangnya dalam El Clasico

    MADRID, BERITABANDUNG.COM – Ronaldo dan pasukannya dibuat tak berkutik oleh Barcelona, dalam El Clasico di Santiago Bernabeu dengan skor telak 3- 0 dalam La Liga, Sabtu (23/12/2017) malam. Bermain hanya dengan ...

  • Olahraga
    23 Desember 2017 | 17:06 WIB

    Prediksi Pertandingan Real Madrid v Barcelona pada El Clasico Nanti Malam

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM --  Mantan pemain Liga Spanyol yang kini menjadi ambasador LaLiga, Gaizka Mendieta, menilai Lionel Messi dan Luca Modric akan memainkan peran penting pada pertandingan El Clasico antara Real ...


Berita Lainnya

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • 09 Desember 2017 | 13:12 WIB

    Proyek Rumah Deret Tamansari, Emil Diskusi dengan Warga di Pendopo

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil  bersilaturahmi dengan perwakilan warga RW 11 Kelurahan Tamansari di Pendopo Kota Bandung, Jumat (8/12/2017) malam. Pada kesempatan itu, Walikota membuka ruang diskusi ...

  • 20 November 2017 | 13:02 WIB

    Petugas Kebersihan Kota Bandung Berangkat Umrah

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil didampingi Direktur Utama Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdyana memberikan penghargaan melaksanakan ibadah umroh kepada lima pegawai di lingkungan PD Kebersihan, ...

  • 21 Januari 2017 | 15:24 WIB

    Penjual Atribut Persib Menjamur di Ciamis

    CIAMIS. BERITABANDUNG.COM -- Suasana di area Stadion Galuh Ciamis pada Sabtu (21/1/2017) berbeda dibandingkan hari biasanya. Sejumlah pedagang atribut Persib Bandung nampak memenuhi markas klub tuan rumah PSGC Ciamis. Berdasarkan pantauan ...

  • @ 2013 beritabandung.com