BERITABANDUNG


  • 18 September 2017 | 13:20 WIB

BNN Jabar Gagalkan Penyelundupan 220 Kilogram Ganja dari Aceh

Editor: Yatti Chahyati


 BNN Jabar Gagalkan Penyelundupan 220 Kilogram Ganja dari Aceh
BNN - Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat berhasil menggagalkan penyelundupan ganja sebesar 220 kilogram. (ist)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Barat berhasil menggagalkan penyelundupan ganja sebesar 220 kilogram. Ganja ini akan diselundupkan dari Aceh ke Jawa Barat.

Menurut Kepala BNN Provinsi Jawa Barat, Rusnadi, ratusan kilogram ganja ini berhasil ditemukan pada 13 September lalu. Pelaku pun menyembunyikan 220 kilogram ganja kering ke dalam ratusan bungkus yang diangkut sebuah mobil pick up.

"Ada info penyelundupan dari Aceh ke Jabar dengan kendaraan pickup yang akan disebrangkan melalui rute. Info kendaraan pengangkut minibus L300. Setelah diketahui kendaraan itu, tim gabungan di perempatan Jalan Raya Gunung Sindur dan berhasil ditangkap 2 tersangka. Interogasi berhasil ditemukan barang bukti 220 kilogram," ujar Rusnadi dalam konferemsi persnya di Kantor BNN Provinsi Jawa Barat, Kota Bandung, Senin (18/9/2017).

Rusnadi mengatakan, ganja tersebut disembunyikan di lantai kendaraan yang sudah dimodifikasi dengan tujuan untuk mengelabui petugas. Namun upaya tersebut tak berhasil setelah petugas membongkar kendaraan tersebut.

Rusnadi menuturkan kendaraan yang digunakan dibawa dari Aceh dengan memodif bak belakangnya dengan kompartemen palsu. Ganja diselundupkan dengan rute melalui Pelabuhan Bakauheni dan masuk ke Pulau Jawa melalui Pelabuhan Merak, Banten.

Pihaknya berhasil mengamankan dua tersangka Junaedi alias Boboy dan Rojani alias Batok. Keduanya berperan sebagai kurir barang haram tersebut. "Harganya satu kilo Rp 7 juta dikalikan saja. Kurang lebih Rp 2 miliar," cetusnya.

Sementara itu, Kabid Brantas BNN Jabar AKBP Daniel menambahkan berdasarkan hasil interogasi, sambung Daniel, kedua pelaku menyelundupkan ganja tersebut atas perintah dari Buchori. Tim lalu bergegas meringkus Buchori di Tanah Sereal, Bogor.

"Dari hasil interogasi, ternyata Buchori juga diharuskan menyerahkan barang tersebut kepada Iman," kata Daniel.

Pihaknya pun melakukan pengembangan dan penangkapan pada tersangka Iman ditangkap di Lanud Atang Sanjaya Bogor. Tim juga turut meringkus Suparman yang diketahui merupakan pengendali lapangan. Atas pengungkapan ini, sebanyak 5 orang tersangka pun berhasil diamankan yakni Junaedi, Rojani, Buchori Muslim, Iman Islamudin dan Suparman.

"Mereka semua ini kurir. Pelaku utamanya masih DPO. Seluruh tersangka saat ini dibawa ke BNN Jabar untuk dilakukan penyelidikan," urainya.

Kelima tersangka dijerat Pasal 114 Jo 111 ayat 2 dan Pasal 132 ayat 2 UU 35 tentang narkotika. Dengan  ancaman hukuman seumur hidup dan denda maksimal Rp10 miliar. (Ron)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • 09 Desember 2017 | 13:12 WIB

    Proyek Rumah Deret Tamansari, Emil Diskusi dengan Warga di Pendopo

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil  bersilaturahmi dengan perwakilan warga RW 11 Kelurahan Tamansari di Pendopo Kota Bandung, Jumat (8/12/2017) malam. Pada kesempatan itu, Walikota membuka ruang diskusi ...

  • 20 November 2017 | 13:02 WIB

    Petugas Kebersihan Kota Bandung Berangkat Umrah

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil didampingi Direktur Utama Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdyana memberikan penghargaan melaksanakan ibadah umroh kepada lima pegawai di lingkungan PD Kebersihan, ...

  • 21 Januari 2017 | 15:24 WIB

    Penjual Atribut Persib Menjamur di Ciamis

    CIAMIS. BERITABANDUNG.COM -- Suasana di area Stadion Galuh Ciamis pada Sabtu (21/1/2017) berbeda dibandingkan hari biasanya. Sejumlah pedagang atribut Persib Bandung nampak memenuhi markas klub tuan rumah PSGC Ciamis. Berdasarkan pantauan ...

  • @ 2013 beritabandung.com