BERITABANDUNG


  • 29 September 2017 | 09:16 WIB

Ahli Waris Korban Petugas Pemadam Kebakaran Dapat Santunan

Editor: Yatti Chahyati


 Ahli Waris Korban Petugas Pemadam Kebakaran Dapat Santunan
SANTUNAN - Wali Kota Bandung RIdwan Kamil, menyerahkan santunan kepada ahli waris keluarga korban dinas Pemadam Kebaran tadi malam. (BERITABANDUNG)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandung Suci memberikan santunan kepada ahli waris dua petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DKPB) Kota Bandung yang gugur dalam tugas beberapa waktu lalu. Dua petugas yang gugur yakni Trisna Supriatna dan Imam Topik Hidayat merupakan petugas lepas DKPB.

Jumlah santunan yang diterima ahli waris keluarga Trisna Supriatna dan Imam Topik Hidayat senilai Rp108.444.288. Jumlah tersebut terdiri santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), dan beasiswa dari BPJS sebesar Rp58.444.228 serta Bantuan Wali Kota Bandung sebesar Rp50.000.000 di Pendopo Kota Bandung, Jalan Dalem Kaum, Kamis (28/9/2017) malam.

Walikota yang akrab disapa Emil ini mengatakan, bantuan tersebut diharapkan bisa meneruskan kehidupan keluarga yang ditinggalkan oleh dua petugas tersebut.

"Mudah-mudahan keluarganya sabar dan anak-anaknya bisa sekolah dan tercapai cita-citanya," kata Emil.

Emil mengaku, ketua petugas tersebut sebagai pahlawan Bandung karena gugur ketika menjalankan tugas mulia sebagai garda terdepan yang menangani kebakaran.

"Karena keduanya gugur betul-betul dalam rangka mengamankan dan menjaga keamanan dan kenyamanan kota," lanjutnya.

Selain memberikan santunan, pada kesempatan itu Pemerintah Kota Bandung dan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandung Suci juga melaksanakan perpanjangan kerja sama tentang peningkatan kepesertaan program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan Masyarakat Kota Bandung. Penandatanganan dilakukan oleh Emil selaku pihak pertama dan Suhedi selaku pihak kedua.

Emil menuturkan, kerja sama yang dibangun antara pemerintah kota dan BPJS merupakan wujud komitmen pemerintah dalam memberikan jaminan keselamatan kepada para pekerja. Tak hanya bagi perusahaan swasta, pihaknya juga akan memberikan jaminan kepada karyawan non-PNS di lingkungan Pemkot Bandung

"Kepada pegawai yang bukan PNS kita memberi penguatan asuransi kecelakaan dan jiwa bersama BPJS  Ketenagakerjaan supaya mereka merasa nyaman, kalau ada apa-apa tenang," tutur Emil.

Untuk itu, Emil kini tengah menunggu laporan dari BPJS Ketenagakerjaan instansi mana saja yang belum mendaftarkan tenaga non-PNS.

"Nanti saya sisir lagi mana dinas-dinas yang masih belum mendaftarkan tenaga non-ASN," ucapnya.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandung Suci Suhedi mengatakan, santunan yang diberikan merupakan kewajiban yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan setelah DKPB mendaftarkan anggotanya sejak tiga bulan sebelumnya.

"Nilainya 48 kali upah yang dilaporkan ditambah santunan kecelakaan dan beasiswa Rp12 juta," urai Suhedi.

Hingga bulan Agustus 2017, BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandung Suci telah membayarkan santunan sebesar Rp236,7 milyar. "Itu baru dari Cabang Bandung Suci. Di Bandung kita ada empat cabang," pungkasnya. (Ron)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com