BERITABANDUNG


  • 16 Oktober 2017 | 06:56 WIB

Abyor International Dukung Lomba Lari ITB Ultra Marathon

Editor: Yatti Chahyati


 Abyor International Dukung Lomba Lari ITB Ultra Marathon
MARATHON - SAP Leonardo dan Fiori adalah teknologi yang sangat potensial dan bisa digunakan di bidang apapun, termasuk olahraga. (IST)

BANDUNG,BERITABANDUNG.COM -- PT Abyor International yang merupakan bagian dari NTT Data, perusahaan pemimpin pasar dalam penyediaan konsultasi TI dan manajemen solusi enterprises resource planning (ERP) dari SAP di Indonesia, mendukung pelaksanaan lomba lari ITB Ultra Marathon yang berlangsung mulai 13 hingga 15 Oktober 2017.

Abyor International menerapkan solusi SAP Leonardo dan SAP Fiori pada perangkat Fit Band (gelang)  yang digunakan untuk melacak dan memonitor peserta lari dengan melihat beberapa aspek, yakni lokasi/posisi, timing, durasi, kondisi fisik (heart rate), dan status baterai smartphone pelari. Keluar sebagai pemenang untuk kategori team dari team Gabungan Paspampres dan Polri. Sementara untuk kategori solo adalah Okta dari Jakarta dengan waktu tempuh 25 jam.

“Abyor International memberikan wawasan inovatif ke dalam ITB Ultra Marathon 2017 dengan menerapkan teknologi mutakhir SAP dalam bentuk analisis real time yang canggih dan platform digital yang sangat modern," jelas Hari Tjahjono, Presiden Direktur PT Abyor International.

Selaku sponsor lomba lari maratahon, Abyor International menerapkan dua solusi SAP yakni SAP Leonardo dan SAP Fiori. SAP Leonardo adalah sebuah sistem inovasi digital yang menggabungkan kemampuan machine learning, Internet of Things (IoT), analytics, dan Big Data pada SAP Cloud Platform untuk memungkinkan inovasi cepat yang dapat dilakukan di seluruh organisasi.

Sedangkan SAP Fiori merupakan teknologi UX masa depan yang menghilangkan kesan kuno pada tampilan kerja user dan menyajikan menu yang memang sesuai dengan pekerjaan sehari-hari (user friendly).

Kedua solusi tersebut dibenamkan pada perangkat berbentuk gelang atau fit band yang digunakan oleh 20 pelari terpilih. Fit band tersebut dihubungkan ke smartphone masing-masing pelari dengan menggunakan aplikasi SAP Leonardo.

Aplikasi ini akan membaca dan menterjemahkan data yang direkam oleh fit band yang meliputi lokasi/posisi, timing, durasi, kondisi fisik (heart rate), dan status baterai smartphone pelari secara realtime. Kemudian data ini ditampilkan dengan menggunakan dashboard SAP Fiori, sehingga lebih mudah dan menarik untuk dibaca. Dari data yang diterima, dapat ditampilkan juga analitics, yang menggambarkan grafik kondisi fisik pelari dalam jangka waktu tertentu.

Teknologi ini bermanfaat baik bagi pelari maupun penyelenggara serta penikmat lomba lari. Pelari dapat memberitahukan kondisi yang sebenarnya tanpa harus mengontak operator/ administrator/ official. Ini dapat digunakan untuk mengantisipasi adanya hal-hal yang tidak diinginkan terkait kondisi pelari. Bagi pelari yang berkelompok (Team)/ relay, maka anggota team dan official dapat mengetahui posisi pelari yang sedang berlari, dan mempersiapkan strategi bagi pelari selanjutnya.

“Abyor International yang bergerak di bidang Teknologi Informasi, merupakan implementor dari teknologi SAP antara lain SAP Leonardo dan SAP Fiori. Abyor International membuktikan bahwa SAP Leonardo dan Fiori adalah teknologi yang sangat potensial dan bisa digunakan di bidang apapun, termasuk olahraga,” ujar Hari.

Teknologi SAP Leonardo dan Fiori ini memiliki manfaat yang sangat besar, diantaranya dapat mengotomatisasi proses, mempermudah pengambilan keputusan, dan memberikan nilai yang lebih bagi perusahaan. Karena saat ini dunia sudah mengalami digitalisasi, dimana segala sesuatu bergerak dengan cepat dan pasti. Disinilah dibutuhkan pengambilan keputusan dan proses yang cepat dan presisi dalam menjalankan bisnis. Selain itu teknologi SAP Leonardo dan Fiori adalah teknologi yang dapat diterapkan dalam industri yang luas, juga dapat digunakan untuk model dan proses bisnis apapun.

ITB Ultra Marathon 2017 yang diikuti oleh 40 peserta solo dan 759 peserta team mengambil lintasan sejauh 170 km (Jakarta-Bandung) dimulai dari Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta dan berakhir di Kampus ITB di Jalan Ganesha, Bandung, Jawa Barat.

Acara ini diselenggarakan oleh Yayasan Solidarity Forever untuk memperingati 75 tahun pendidikan teknik mesin di ITB dan menyambut Ulang Tahun ke-100 ITB serta untuk menggalang kepedulian dan rasa memiliki alumni ITB pada almamaternya.(*)

 


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com