BERITABANDUNG


  • 09 November 2017 | 11:25 WIB

Waspada, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir Ancam Bandung

Editor: Yatti Chahyati


 Waspada, Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir Ancam Bandung
PRAKIRAAN CUACA - ilustrasi

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM – Bandung menjadi salah satu wilayah yang terancam hujan lebat disertai angina kencang dan petir. Selain itu diperkirakan hujan akan mengguyur Bandung pada sore dan malam hari hingga akhir pecan ini.

Prakiraan cuaca itu diungkapkan Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Bandung, Yadi Hendarmin, seperti dikutip BeritaBandung dari PRFM. Kamis (9/11/2017).

“Potensi hujan di wilayah Bandung Raya masih tinggi. Hal ini dikarenakan pertumbuhan awan hujan terpantau cukup tebal,” papar Yadi.

Diungkapkannya massa udara dan pertemuan angin disertai kelembapan angin yang tinggi di utara Jawa Barat menimbulkan pertumbuhan awan hujan yang signifikan. Potensi ini diperkirakan akan berlangsung selama beberapa hari ke depan. Untuk itu, beberapa wilayah akan dilanda cuaca ekstrem, yakni hujan lebat disertai angin kencang dan petir.

"Wilayah yang perlu diwaspadai yaitu Bandung, Bogor, Bekasi, Sukabumi, Cianjur, Garut, Tasikmalaya, Majalengka, Kuningan dan Cirebon," ujarnya.

Sementara itu, cuaca di Bandung pada Kamis (9/11/2017) pagi berawan banyak. Namun berpeluang hujan ringan hingga lebat disertai petir pada sore menjelang malam hari. Suhu udara di Bandung berkisar antara 19-27 derajat celcius dengan kelembapan udara 70-95 persen dan angin bertiup dari arah tenggara, kecepatan 5-15 kilometer per jam.

"Untuk Jawa Barat umumnya berawan dan berpeluang hujan ringan hingga sedang. Suhu udara di Jawa Barat utara berkisar antara 24-34 derajat celcius, sedangkan di Jawa Barat selatan berkisar 19-32 derajat celsius. Kelembapan udara umumnya 50-95 persen. Angin umumnya bertiup dari tenggara dan selatan dengan kecepatan 30 kilometer per jam," ungkapnya.

Untuk tinggi gelombang di perairan utara masih relatif aman yakni berkisar 0,5 meter. Sedangkan di perairan selatan patut diwaspadai karena ketinggian gelombang mencapai 2,5 meter.(tie)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com