BERITABANDUNG


  • 10 November 2017 | 16:35 WIB

BNN Musnahkan Puluhan Ribu Narkotika di Jalan Diponegoro Bersama Gubernur Jabar

Editor: Yatti Chahyati


 BNN Musnahkan Puluhan Ribu Narkotika di Jalan Diponegoro Bersama Gubernur Jabar
NARKOBA - Pemusnahan narkotika di Jalan Diponegoro oleh BNN, BNNP dan Pemprov Jabar, Jumat (10/11/2017). (BERITABANDUNG)

BANDUNG, BERITABANDUN.COM -- Badan Narkotika Nasional (BNN) dan Badan Nasional Narkotika Provinsi (BNNP) Jawa Barat memusnahkan puluhan ribu bukti narkotika yang diperoleh BNN dan BNP sejak bulan Agustus hingga Oktober 2017. Pemusnahan dilakukan di Jalan Dipenogoro bersama dengan Gubernur Jawa Barat, Kejaksaan dan pihak lainnya.

“Pemusanahan ini dilakukan di tempat paling strategis di Bandung dan Jawa Barat yaitu Jalan Diponegoro, sehingga bisa menjadi pembelajaran bagi semua pihak dan warga khususnya tentang bahaya narkoba yang mengancam saat ini,” ujar Kepala Bidang Pemberantasan BNNP Jabar, Daniel Y Kartiandhago, sebelum pemusnahan barang bukti.

Pemusnahan barang bukti narkotika itu terdiri dari 36.315 gram shabu, 26.006 pil ekstasi dan ganja seberat 562,373 gram selain itu BNN juga menghancurkan ganja sitetis atau saat inidikenal dengan tembakau Gorila seberat 1.444 gram seluruhnya dari tujuh kasus berbeda dan dua diantaranya di Jabar.

Sementara itu, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Pol Budi Waseso mengatakan bahwa bersamaan dengan hari Pahlawan, Indonesia saat ini menghadapi perang modern yang bisa menghancurkan generasi lebih besar. “Mereka menghancurkan bangsa bukan dengan senjata, namun dengan narkoba. Bahkan belum lama ini di Makassar bayi berusia 6 bulan sudah terpapar narkoba,” ujarBudi Waseso yang akrab disapa Buas.

Buas menegaskan dari barang bukti yang dihancurkan itu, BNN sudah bisa menyelamatkan 9 juta manusia di Indonesia. “Saat ini pemasok terbesar khususnya shabu masih dari kawasan Tiongkok, Bahkan 250 ribu ton shabu asuk Indonesia dan kami hanya bisa mengungkap 3,6ton dari jumlah itu. Sementara lainnya masih dari negara maju seperti pil ektasi dari Eropa,” terangnya.

Sedangkan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan jika Pemprov Jabar akan komitmen memerangi narkoba khususnya memutus demand yang merupakan dari pelajar yang nantinya akan ketergantungan terhadap narkoba dan akhirnya menjadi konsumen.

“Saya akan terus upayakan perang melawan narkoba dan ini tugas semua, bahkan saat ini karena SMA dan SMK ada di bawah provinsi maka kamu akan melawan ini dengan memasukan kurikulum pemberantasan narkoba di sekolah melalui berbagai cara,” tegas Aher.

Pemusnahan barang bukti narkoba itu seluruhnya akan dilakukan di lahan Summarecon, dan beberapa gram dipergunakan untuk keperluan uji laboratorium.

Buas juga sempat memperlihatkan para tersangka yang menyebarkan narkotika itu, bahkan salah satu diantaranya yang berasal dari Aceh memasukan shabu kedalam perut dengan ditelan seperti yang dilakukan jaringan internasional. (tie)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com