BERITABANDUNG


  • 16 November 2017 | 20:47 WIB

Kriya Tanah Legenda jadi Pekan Kerajinan Jawa Barat 2017

Editor: Yatti Chahyati


 Kriya Tanah Legenda jadi Pekan Kerajinan Jawa Barat 2017
EVENT - Dekranasda) Jawa Barat mengadakan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2017 yang berlangsung pada tanggal 16 – 19 November 2017 di di Main Atrium Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan. (ist)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Untuk mengenalkan produk kerajinan yang unggul dari Jawa Barat, Dewan Kerajian Nasional Daerah (Dekranasda) Jawa Barat mengadakan Pekan Kerajinan Jawa Barat (PKJB) 2017 yang berlangsung pada tanggal 16 – 19 November 2017 di di Main Atrium Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan.

Acara ini merupakan kerja sama antara Dekranasda Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Indag) Jawa barat.

PKJB dibuka oleh Wakil Ketua Dekranasda Jawa Barat, R. Giselawati Mizwar. Acara ini diadakan setiap 2 tahun sekali dan pada penyelenggaraan tahun ini ada 30 booth pameran yang diisi oleh para pengrajin atau UMKM dari 27 kota/kabupaten di Jawa Barat.

Ketua Panitia PKJB 2017 Hendra Gunawan mengatakan PKJB 2017 mengangkat tema “Kriya Tanah Legenda”, para pengunjung dapat menikmati kisah legenda melalui seni kriya yang diciptakan dengan keterampilan tingkat tinggi oleh pengrajinnya. Dalam setiap produk yang dipamerkan juga mengandung ekspresi seni akan cinta budaya dari para pembuatnya.

“Setiap kota atau kabupaten di Jawa Barat memiliki kisah legenda yang berbeda-beda, karena itu produk kerajinan yang dihasilkan punya daya tarik dan keunikan masing-masing yang berpotensi untuk lebih diapresiasi lagi tidak hanya di Indonesia tapi juga di dunia internasional. Melalui acara Pekan Kerajinan Jawa Barat ini kami ingin produk-produk kerajinan unggulan dari Jawa Barat bisa dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat,” ujarnya.

Produk kerajinan khas Jawa Barat yang ditampilkan antara lain produk tekstil seperti kain batik dan tenun yang diaplikasikan dalam bentuk pakaian serta produk fashion lainnya. Lalu juga ada aksesoris yang terbuat dari logam, kerang dan batu-batuan yang cantik. Beragam produk kerajinan dari kulit, anyaman rotan dan bambu yang berkualitas juga dihadirkan di sini. Gerabah dan keramik dalam bentuk piranti saji serta masih banyak lagi produk lainnya dalam aneka desain dapat menarik perhatian pengunjung yang senang memakai produk lokal dalam kesehariannya.

Selain untuk dipakai dalam keseharian, banyak sekali kerajinan unik khas Jawa Barat yang bisa dikoleksi seperti sandal kayu dan payung geulis. Pengunjung juga bisa mempercantik dekorasi interior rumah dengan memajang kerajinan seperti lampion kaca, alat musik, pajangan kayu, dan elemen dekoratif lainnya yang bisa diperoleh di acara ini.

“Kesadaran untuk bangga memakai produk kerajinan lokal harus terus ditanamkan, karena itu adalah bagian dari melestarikan nilai-nilai seni budaya bangsa dan bentuk penghargaan terhadap kekayaan nusantara. Kami berharap dengan acara ini kerajinan Jawa Barat dapat dipandang sebagai bagian dari gaya hidup atau lifestyle kaum urban masa kini. Dengan menggunakan produk kerajinan dalam negeri, kita ikut berkontribusi mendorong industri kerajinan agar lebih maju dan berkembang serta meningkatkan kesejahteraan para pengrajin di tanah air.” lanjut Hendra Gunawan.

Selain pameran produk kerajinan, PKJB juga mengadakan beragam talkshow & workshop yang membuat pengunjung dapat merasakan suasana interaktif selama pameran berlangsung. Pertunjukan musik akustik, angklung/arumba, karinding, serta tarian tradisional Jawa Barat ditampilkan untuk menghibur pengunjung. Diadakan juga lomba mewarnai gerabah dan talenan untuk anak-anak.

Sementara itu, para pencinta kopi lokal Indonesia dapat menikmati sudut kopi khas Jawa Barat di acara ini. PKJB 2017 juga mengadakan Awarding Night, yakni ajang Pemilihan Duta Kerajinan Jawa Barat.(*)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • 09 Desember 2017 | 13:12 WIB

    Proyek Rumah Deret Tamansari, Emil Diskusi dengan Warga di Pendopo

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil  bersilaturahmi dengan perwakilan warga RW 11 Kelurahan Tamansari di Pendopo Kota Bandung, Jumat (8/12/2017) malam. Pada kesempatan itu, Walikota membuka ruang diskusi ...

  • 20 November 2017 | 13:02 WIB

    Petugas Kebersihan Kota Bandung Berangkat Umrah

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil didampingi Direktur Utama Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdyana memberikan penghargaan melaksanakan ibadah umroh kepada lima pegawai di lingkungan PD Kebersihan, ...

  • 21 Januari 2017 | 15:24 WIB

    Penjual Atribut Persib Menjamur di Ciamis

    CIAMIS. BERITABANDUNG.COM -- Suasana di area Stadion Galuh Ciamis pada Sabtu (21/1/2017) berbeda dibandingkan hari biasanya. Sejumlah pedagang atribut Persib Bandung nampak memenuhi markas klub tuan rumah PSGC Ciamis. Berdasarkan pantauan ...

  • @ 2013 beritabandung.com