BERITABANDUNG


  • 01 Desember 2017 | 20:31 WIB

Bantu Penderita Kanker, Aher Resmikan Cancer Centre RSUD Al Ihsan

Editor: Yatti Chahyati


 Bantu Penderita Kanker, Aher Resmikan Cancer Centre RSUD Al Ihsan
PEMPROV JABAR - Pusat pelayanan kanker RSUD Al Ihsan. (ist)

KAB. BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Data riset Kesehatan Dasar 2013 mengungkapkan bahwa prevalensi penyakit Kanker adalah 1,4 per seribu penduduk atau sekitar 347 ribu orang. Tercatat penderita Kanker di Jawa Barat berjumlah 45.473 penderita. Kasus tertinggi menimpa kaum perempuan adalah Kanker Payudara dan Kanker Leher Rahim. Sementara prevalensi penderita Kanker pada semua umur di Jawa Barat sebesar 1,0 per seribu penduduk.

Untuk membantu masyarakat penderita Kanker tersebut khususnya yang ada di Jawa Barat, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Al Ihsan Provinsi Jawa Barat membangun Pusat Pelayanan Kanker (Cancer Centre). Cancer Centre ini terintegrasi dalam satu gedung pelayanan, lengkap dengan peralatan canggih.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) meresmikan secara langsung Pusat Pelayanan Kanker ini di RSUD Al Ihsan, Jl. Kiastramanggala Kabupaten Bandung, Kamis pagi (30/11/17) dengan menandatangi prasasti juga menerbangkan Burung Merpati bersama istri, Netty Prasetiyani Heryawan. Cancer Centre ini didukung SDM kompeten dan profesional yang terdiri dari dokter Bedah Onkologi, dokter Onkologi Radiasi, Fisika Medik, Radiografer, Perawat, dan tenaga profesional lainnya.

Aher memberikan apresiasinya kepada semua pihak yang terlibat dalam pembangunan Pusat Pelayanan Kanker ini. Termasuk mengapresiasi para pendiri dan tokoh RSUD Al Ihsan. Cancer Centre ini pun melengkapi berbagai fasilitas lainnya yang ada di RSUD milik Pemprov Jawa Barat ini.

"Masyarakat yang terkena Kanker sekarang memungkinkan pelayanan yang lebih cepat. Karena ini cukup besar kapasiasnya, Insyaallah bisa lebih melayani masyarakat dan mudah-mudahan bisa menyelesaikan masalahnya. Karena secara teori kalau masih dalam (Cancer) Stadium Satu masih bisa disembuhkan," ujar Aher usai meresmikan Cancer Centre RSUD Al Ihsan.

"Kita berharap dan berdoa penyakit Kanker tidak banyak di Jawa Barat tapi kita mempunyai pelayanan yang bagus," tambahnya.

Hingga saat ini di Jawa Barat baru ada tiga buah rumah sakit yang memiliki Pusat Pelayanan kanker secara terpadu atau terintegrasi. Diantaranya RS Hasan Sadikin Bandug, RS Santosa Bandung, serta RSUD Al Ihsan.

"Semua rumah sakit rata-rata punya layanan kanker. Tapi yang terpadu itu baru tiga rumah sakit di Bandung Raya dan Jawa Barat," kata Aher.

Lebih jauh, Aher ingin Cancer Centre RSUD Al Ihsan ini bisa memberikan pelayanan yang lebih luas kepada warga Jawa Barat. Selain warga di Bandung Raya, seperti para warga yang berada di Cirebon Raya pun bisa dirujuk ke RSUD Al Ihsan.

Ke depan, kata Aher, kita harus berorientasi tindakan kesehatan melalui promotif dan preventif. Jadi ada tindakan pencegahan lebih dini, seperti melalui pola makan dan minum yang sehat dan tidak merokok.

"Kita berharap ini (Cancer Centre RSUD Al Ihsan) bisa melayani masyarakat lebih luas lagi. Harapan lain adalah selain melayani juga bisa melakukan sosialisasi, melakukan penyadaran untuk supaya menghindar dari penyakit-penyakit, termasuk penyakit yang berbahaya seperti Cancer ini," harap Aher.

Kasus penyakit Kanker di Indonesia pada 2013 tertinggi terjadi di Jawa Tengah dengan penderita mencapai 68.823 orang. Kemudian Jawa Timur (62.800), Jawa Barat (45.473), DKI Jakarta (19.004), dan DI Yogyakarta (14.597).

"Hanya saja provinsi lain punya fasilitas yang lebih banyak untuk penanggulangan penyakit Cancer. Dan saatnya sekarang di bawah kebijakan Bapak Gubernur, maka fasilitas khusus untuk penderita Cancer di Jawa Barat telah disediakan, difasilitasi oleh RSUD Al Ihsan ini," ungkap Direktur RSUD Al Ihsan Komar Hanifi dalam sambutannya di acara peresmian Cancer Centre RSUD Al Ihsan.

Kanker merupakan penyebab kematian utama Nomor 2 di dunia. Diperkirakan 7,5 juta orang di dunia meninggal akibat kanker, 70% kematian terjadi di negara miskin dan berkembang. Kanker Payudara dan Kanker Rahim adalah jenis Kanker tertinggi pada perempuan. Insidens Kanker Payudara sebesar 038 per 100.000 perempuan, sementara insidens Kanker Leher Rahim sebesar 016 per 100.000 perempuan (Globocan/LARC, 2012).

Prevalensi Kanker di Indonesia sebesar 1,4 per 1.000 penduduk dan menjadi penyebab kematian Nomor 7 (6,7%). Insidens Kanker Payudara di Indonesia sebesar 40 per 100.000 perempuan, sementara insidens Kanker Rahim di Indonesia sbesar 16 per 100.000 perempuan.

Pusat pelayanan kanker RSUD Al Ihsan diharapkan mampu membantu menangani penderita Kanker di Jawa Barat khususnya dan umumnya di Indonesia untuk bersama – sama  RSUP Dr. Hasan Sadikin dan RS Santosa yang telah terlebih dahulu membuka pelayanan kanker. Pusat pelayanan Kanker ini bisa diakses oleh seluruh lapisan masyarakat baik pasien peserta BPJS, pasien umum, dan pasien peserta asuransi lainnya.

"Kami sangat mengharapkan fasilitas ini dapat dimanfaatkan untuk masyarakat Jawa Barat yang saat ini masih kesulitan untuk mendapatkan radioterapi dan rawat inap khusus," harap Komar. (*)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • 09 Desember 2017 | 13:12 WIB

    Proyek Rumah Deret Tamansari, Emil Diskusi dengan Warga di Pendopo

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil  bersilaturahmi dengan perwakilan warga RW 11 Kelurahan Tamansari di Pendopo Kota Bandung, Jumat (8/12/2017) malam. Pada kesempatan itu, Walikota membuka ruang diskusi ...

  • 20 November 2017 | 13:02 WIB

    Petugas Kebersihan Kota Bandung Berangkat Umrah

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil didampingi Direktur Utama Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdyana memberikan penghargaan melaksanakan ibadah umroh kepada lima pegawai di lingkungan PD Kebersihan, ...

  • 21 Januari 2017 | 15:24 WIB

    Penjual Atribut Persib Menjamur di Ciamis

    CIAMIS. BERITABANDUNG.COM -- Suasana di area Stadion Galuh Ciamis pada Sabtu (21/1/2017) berbeda dibandingkan hari biasanya. Sejumlah pedagang atribut Persib Bandung nampak memenuhi markas klub tuan rumah PSGC Ciamis. Berdasarkan pantauan ...

  • @ 2013 beritabandung.com