BERITABANDUNG


  • 01 Desember 2017 | 20:39 WIB

Guru SMAN 4 Bandung Penerima ESA 2017, Ikhlas Mendidik 26 Orang Anak

Editor: Yatti Chahyati


 Guru SMAN 4 Bandung Penerima ESA 2017, Ikhlas Mendidik 26 Orang Anak
PENDIDIKAN - Endang Yuli Purwati (58) merupakan penerima ESA 2017 Kategori SMA/SMK/MA/SMALB. (ist)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Endang Yuli Purwati (58) merupakan penerima ESA 2017 Kategori SMA/SMK/MA/SMALB. Dia sudah menjadi guru selama 32 tahun. Perempuan yang masih mengajar di SMA Negeri 4 Kota Bandung ini terpanggil hatinya untuk membantu anak-anak yang ditinggal pergi orang tua dan keluarganya.

Endang mengaku tidak menyangka bisa mendapat ESA 2017. Perlu diketahui bahwa para nominator ESA 2017 tidak mengetahui namanya telah didaftarkan kepada panitia. Sebagian besar dari mereka didaftarkan oleh pihak lain.

“Alhamdulillah, tidak menyangka bisa dapat ESA. Saya terkaget-kaget dengan teman-teman (nominator ESA 2017) yang melakukan berbagai kegiatan, Masya Allah luar biasa. Jadi, saya malah belajar saja sama mereka,” ucap Endang ketika ditemui Tim Peliput Humas Jabar usai Malam Anugerah ESA 2017.

Dengan ikhlas dan kerelaan hati, bersama sang suami, Endang hingga kini masih bersama ke-26 orang anaknya tersebut. Dengan biaya sendiri serta bantuan dari berbagai pihak Endang berhasil memberikan pendidikan kepada anak-anaknya.

“Anak kandung saya empat dan yang 22 itu anak asuh. Saya tidak pernah mengumpulkan mereka, tapi mereka datang kepada saya. Setelah mereka di rumah ya saya coba memberikan inspirasi dan motivasi kepada mereka,” kata perempuan yang 21 bulan lagi akan pensiun sebagai guru namun akan terus berkomitmen mengabdi untuk dunia pendidikan.

Endang mengaku yang datang ke rumahnya tidak hanya dari Bandung tapi juga dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Pekanbaru, Jambi, Manado, dan daerah lainnya. Dari 26 anaknya tersebut, 13 diantaranya saat ini masih menempuh pendidikan di pondok pesantren, serta ada pula anaknya sudah menjadi Sarjana dan Dokter.

Bahkan salah seorang anaknya yang saat ini duduk di Kelas 12 di pondok pesantren akan berangkat ke Kota Madinah, Arab Saudi pada Januari 2018 mendatang. Dia kan mengikuti tes karena ditawari kuliah di Universitas Madinah. “Karena memang saya akan menyekolahkan mereka sekolah di luar negeri ya. Karena biar gratis, cari yang gratis saja. Tapi sampai hari saya belum pernah meminta-minta digratiskan karena kebetulan anak-anak kami sekolah di pondok pesantren,” cerita Endang sambil tertawa.

Sosok Een Sukaesih dimata Endang adalah perempuan luar biasa. Endang memang telah mengenal Een sebelumnya. Menurut Endang, Een memang sangat pantas dijadikan public figure dan inspirasi para guru. “Karena bagaimana pun dengan kondisi seperti itu, beliau (Een) masih semangat untuk mengajar. Artinya walaupun saya sedang bermasalah dengan kaki tidak boleh merasa tidak sanggup untuk mengajar,” tukas Endang.

Pada kesempatan ini, Endang juga berpesan kepada para penerima ESA 2017 tetap ikhlas mengabdi menjadi guru atau tenaga pendidik tanpa iming-iming. Apa yang sudah dilakukan untuk anak didiknya agar bisa menjadi amal sholeh yang dicatat oleh Allah SWT.

“Orang yang datang ke sini (Anugerah ESA 217) teman-teman yang luar biasa yang saya lihat. Tapi tolong dijaga amal sholehnya itu jangan sampai jadi pameran amal sholeh. Karena perlombaan amal sholeh ini mengerikan, nanti bisa jadi karena ingin mendapatkan hadiah atau penghargaan. Saya khawatir malah hati mereka tercemar,” pesan Endang.(*)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • 09 Desember 2017 | 13:12 WIB

    Proyek Rumah Deret Tamansari, Emil Diskusi dengan Warga di Pendopo

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil  bersilaturahmi dengan perwakilan warga RW 11 Kelurahan Tamansari di Pendopo Kota Bandung, Jumat (8/12/2017) malam. Pada kesempatan itu, Walikota membuka ruang diskusi ...

  • 20 November 2017 | 13:02 WIB

    Petugas Kebersihan Kota Bandung Berangkat Umrah

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil didampingi Direktur Utama Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdyana memberikan penghargaan melaksanakan ibadah umroh kepada lima pegawai di lingkungan PD Kebersihan, ...

  • 21 Januari 2017 | 15:24 WIB

    Penjual Atribut Persib Menjamur di Ciamis

    CIAMIS. BERITABANDUNG.COM -- Suasana di area Stadion Galuh Ciamis pada Sabtu (21/1/2017) berbeda dibandingkan hari biasanya. Sejumlah pedagang atribut Persib Bandung nampak memenuhi markas klub tuan rumah PSGC Ciamis. Berdasarkan pantauan ...

  • @ 2013 beritabandung.com