BERITABANDUNG


  • 09 Desember 2017 | 12:57 WIB

Malam Anugerah Pajak 2017, Bentuk Apresiasi untuk Pembangunan Kota Bandung

Editor: Iqbal Kukuh


 Malam Anugerah Pajak 2017, Bentuk Apresiasi untuk Pembangunan Kota Bandung
- Sekda Kota Bandung Yossi Irianto menyerahkan penghargaan kepada Camat Cicendo, Fajar Kurniawan pada Malam Anugerah Pajak 2017 di Hotel Horison, Jalan Pelajar Pejuang 45, Kota Bandung, Jumat (8/12/207) malam.

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Langkah mendorong peningkatan pendapatan sektor pajak merupakan upaya yang harus terus dilakukan untuk memiliki nilai strategi. Karena pajak merupakan sumber utama penerimaan negara untuk pembangunan yang berkelanjutan. Hal tersebut dikemukakan oleh Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto pada acara Malam Anugerah Pajak 2017 di Hotel Horison, Jumat (8/12/2017) malam.

Yossi mengatakan, tanpa pajak sebagian besar kegiatan negara akan sulit untuk dilaksanakan, itulah sebabnya berbagai upaya dan inovasi harus terus dilakukan dalam mendorong peningkatan sektor pajak baik melalui kegiatan sosialisasi dan edukasi kepada wajib pajak. 

"Melalui kegiatan apresiatif, seperti hari ini Anugerah Pajak 2017 tentu saja masyarakat dalam hal ini para wajib pajak akan semakin tumbuh kesadarannya untuk membayar pajak" kata Yossi

Menurutnya Yossi, masyarakat sebagai wajib pajak juga harus mengetahui bahwa pajak yang dibayar langsung ke kas negara itu dipergunakan untuk kepentingan umum pembangunan serta biaya rutin penyelenggaraan negara.

"Oleh karena itu transparansi laporan secara berkala terkait pemanfaatan pendapatan pajak juga menjadi hal penting dalam upaya pembunuhan aspek keterbukaan dan tata kelola pemerintahan yang baik," sambungnya.

Hal senada pun disampaikan juga oleh Kepada Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah Kota Bandung Ema Sumarna. ia mengatakan, adanya Malam Anugerah Pajak 2017 sebagai bentuk apresiasi dari pemerintah. 

"Kita kembali kepada definisi pajak daerah, jadi kontribusi wajib baik individu maupun badan, sehingga biaya atau uang pajak yang dibayarkan itu untuk pembangunan. Intinya pembangunan tanpa uang pajak itu tidak akan jadi apapun," tutur Ema

Lanjutnya, dengan diselenggarakan acara tersebut masyarakat semakin semakin betapa pentingnya membayar pajak. 

"Saya pikir sangat manusiawi, ketika masyarakat membayar kewajibannya dan mendapatkan pengakuan yang baik, maka tidak salahnya kami memberikan apresiasi seperti ini," urai Ema. 

Ditambahkan Ema, penghargaan yang diberikan kepada para camat, lurah maupun Stakeholder berupa plakat isinya biorama inti dari pajak daerah. 

Adapun salah satu objek penilaian menurut Ema yaitu, para wajib pajak seperti hotel, restauran dan sebagainya membayar sesuai waktu yang telah ditentukan. 

"Objek penilaian tidak pernah melebihi masa waktu yang ditentukan. Seperti PBB itu jauh dari masa jatuh tempo. Contohnya jatuh tempo di bulan September, namun mereka di bulan April udah bayar. Nah itu salah satu kedisiplinan masyarakat membayar pajak. Atas disiplin dan mengikuti sesuai aturan kami berikan apresiasi di malam ini," pungkasnya. 

Adapun kecamatan, kelurahan dan steakholder yang mendapat penghargaan diantaranya, 
Kategori Kecamatan dan Kelurahan dengan persentase Realisasi pendapatan PBB tertinggi sampai dengan 30 November 2017 : 
Kecamatan Cicendo, Sumur Bandung, Arcamanik, Kelurahan Husein Sastranegara, Gempol Sari dan Sukamiskin. 

Kategori Kecamatan dan Kelurahan dengan persentase Partisipasi Wajib Pajak PBB tertinggi sampai dengan 30 November 2017 : 
kecamatan Bandung Wetan, Sumur Bandung, Cidadap, kelurahan Babakan Ciamis, Citarum, Taman Sari. 

Kategori stakeholder yang berperan serta dalam upaya peningkatan pendapatan pajak daerah di kota Bandung : 
Bank BJB Cabang Taman Sari Bandung, Kantor Pos Bandung, PT PLN Persero area Bandung, PT PLN Persero area Cimahi, Ikatan Penjabat Pembuat Akta Tanah Kota Bandung. (adv/Ron)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com