BERITABANDUNG


  • 11 Januari 2018 | 13:23 WIB

PDAM Tirtawening Kota Bandung akan Bangun Jaringan Distribusi Utama di Perbatasan

Editor: Yatti Chahyati


 PDAM Tirtawening Kota Bandung akan Bangun Jaringan Distribusi Utama di Perbatasan
PDAM TIRTAWENING - Perusahaan Daerah Air Minum Tritawening Kota Bandung akan memulai ‎membangun Jaringan Distribusi Utama (JDU) untuk menambah pelayanan di kawasan perbatasan Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung bagian selatan. (BERITABANDUNG)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum Tritawening Kota Bandung akan memulai ‎membangun Jaringan Distribusi Utama (JDU) untuk menambah pelayanan di kawasan perbatasan Kota Bandung dengan Kabupaten Bandung bagian selatan. Jaringan baru tersebut guna  memberikan pelayanan air bersih bagi 100 ribu orang.

‎JDU yang akan dibuat sepanjang 9 km, akan menjadi jalur distribusi air menjangkau empat kecamatan, yakni Kecamatan Bojongloa Kidul, Kecamatan Bandung Kidul, Kecamatan Regol dan Kecamatan Astana Anyar. Selain itu, pembangunan JPU pun akan memenuhi kebutuhan air bersih di 8 kelurahan yakni Kelurahan Wates, Mengger, Batununggal, Cigeureuh, Mekarwangi, Cibaduyut, Kebonlega dan Kelurahan Karasak.

"Alhamdulilah PDAM Tirtawening Kota Bandung telah menandatangani kontrak untuk pembangunan jaringan distribusi utama yang akan digunakan untuk mendistribusikan air minum diwilayah Blok Tegalega‎," ujar Direktur Utama PDAM Tirtawening Kota Bandung, Sonny Salimi dikantornya Jalan Badak Singa, Kota Bandung, Rabu (10/1/2018).

‎Sonny melanjutkan, pembuatan JDU baru ini merupakan hasil kerjasama PDAM Tirtawening dengan Tirta Gemah Ripah Provinsi Jawa Barat dan PDAM Tirta Raharja Kabupaten Bandung. Dari JDU yang dibuat baru tersebut Kota Bandung akan mendapat distribusi air sebanyak 200 liter perdetik.

"Sementara ini baru diproduksi 350 liter per detik, 150 untuk Kabupaten Bandung dan 200 untuk Kota Bandung tapi yang 200 itu kita harus beli jadi kita beli air curah Tirta Gemah Ripah," ‎tuturnya.

Diakui Sonny, sesuai dengan standarisasi dari WHO dan Pekerjaan Umum, distribusi air sebanyak 200 liter perdetik tersebut mampu melayani 16.000 sampai 20.000 pelanggan baru. Sebelumnya, di kawasan perbatasan kota bagian selatan di kawasan Tegalega dan Mochammad Toha sudah terdata sekitar lima hingga enam ribu pelanggan lama.

"Jadi asumsinya satu sambungan untuk rumah dihuni oleh lima jiwa. Kalau distribusi mencapai 20 ribu pelangan, maka mampu memberikan pelayanan untuk 100.000 jiwa," ‎bebernya.

Ketika sudah mulai pembangunan JDU, lanjut Sonny, secara bersamaan juga dilakukan pendataan ataupun pendaftaran bagi masyarakat sekitar yang akan terjangkau jalur distribusi baru ini. Selain itu, PDAM Tirtawening bakal berkoordinasi dengan sejumlah perumahan dan komplek pemukiman.

"Namun sekarang ini sedang digodog teknisnya seperti apa, sehingga saat proyek terselesaikan pelanggan bisa langsung tersambung. Selambat-lambatnya tahun 2019 itu sudah dimulai," pungkasnya. (ron)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com