BERITABANDUNG


  • 01 Februari 2018 | 14:36 WIB

Disebut Dalam Sidang Kasus Suap Bakamla, Ini Penjelasan Kang Hasan

Editor: Yatti Chahyati


 Disebut Dalam Sidang Kasus Suap Bakamla, Ini Penjelasan Kang Hasan
POLITIK - Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tubagus Hasanuddin. (ist)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wakil Ketua Komisi I DPR RI Tubagus  Hasanuddin menanggapi kesaksian anggota DPR RI Fayakhun Andriadi dalam kasus suap pengadaan satelit monitoring dan drone Badan Keamanan Laut.

Fayakhun bersaksi untuk terdakwa Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Bakamla, Nofel Hasan, dalam persidangan yang digelar di Pengadilan Tipikor, Jakarta Pusat, kemarin

Dalam sidang itu,  nama Tubagus Hasanuddin  disebut sebagai orang yang memperkenalkan Fayakhun dengan kader PDIP sekaligus staf ahli Kepala Bakamla, Ali Fahmi alias Ali Al-Absyi.

Ia menjelaskan bahwa perkenalan tersebut merupakan perkenalan biasa dan bersifat terbuka, lantaran saat itu Komisi 1 memang tengah melakukan kunjungan ke Kantor Bakamla.

"Perkenalan itu kan perkenalan terbuka saat Komisi 1 berkunjung ke kantor Bakamla," ujar pria yang akrab disapa Kang Hasan ini.

Politisi PDI Perjuangan itu pun menambahkan, dirinya memang bertindak sebagai pimpinan rombongan komisi dan baru kali pertama berkunjung ke Kantor Bakamla.

Hal itu karena Bakamla baru saja menjadi mitra Komisi 1. "Saat itu, saya sebagai pimpinan rombongan Komisi 1 berkunjung ke kantor (itu) untuk pertama kali, saat organisasi baru ini masuk menjadi mitra komisi 1," jelas Kang Hasan.

Pertemuan dengan Ali Fahmi, yang merupakan staf ahli Kepala Bakamla itu, kata Kang Hasan, pertama kalinya dilakukan di kantor organisasi tersebut.

Menurutnya, Fahmi atau Ali Al-Absyi itu telah menjadi staf khusus Bakamla.

"Saat setelah bakamla diresmikan Presiden, saya ketemu saudara Fahmi di kantor Bakamla, dan konon sudah jadi staf khusus Bakamla," kata Kang Hasan.

Selain itu, Kang Hasan yang kini juga menjadi bakal calon gubernur Jawa Barat dari PDIP itu menegaskan bahwa tidak hanya Fayakhun yang ada saat itu ataupun berkenalan dengan Ali Fahmi.

Lalu kita kenalan, dan bukan hanya dengan saudara Fayakun saja (saat itu)," tegasnya.

Sebelumnya, nama Tubagus Hasanuddin yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi I DPR muncul dalam persidangan kasus suap Bakamla yang menghadirkan anggota DPR sebagai saksi, Fayakhun Andriadi.

Fayakhun memberikan kesaksiannya untuk terdakwa Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi Bakamla, Nofel Hasan.

Dalam kesaksiannya itu, Fayakhun menyebut Tubagus Hasanuddin atau yang akrab dikenal sebagai TB Hasanuddinsebagai pihak yang mengenalkannya kepada kader PDIP sekaligus staf ahli Kepala Bakamla, Ali Fahmi alias Ali Al-Absyi.

Menurut Fayakhun, perkenala tersebut dilakukan di gedung DPR RI, saat itu dirinya dikenalkan kepada Ali usai menghadiri rapat dengar pendapat. Kang Hasan saat itu menjabat sebagai anggota Komisi I DPR RI bersama dengan Fayakhun. (tie)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com