BERITABANDUNG


  • 14 Februari 2018 | 01:13 WIB

Ini Dia Nomor Urut Paslon Gubernur Jabar

Editor: Yatti Chahyati


 Ini Dia Nomor Urut Paslon Gubernur Jabar
PILGUB JABAR - Pengundian nomorurut paslon Gubernur dan Wagub Jabar, Selasa (13/2/2018). (ist)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Nomor urut pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat pada Pilgub 2018 diundi Selasa malam ini (13/2).

 Pengundian dikemas dalam rangkaian acara formal dan dibalut rangkaian kesenian tradisional yang disiarkan langsung i-news tv secara nasional pk. 19.00.

"Kegiatan ini akan dihadiri sekitar 1.500 undangan, terdiri atas masing-masing 200 pendukung paslon dan 700 orang dari unsur pemerintahan dan bawaslu, Ketua KPU Provinsi se-Indonesia, bupati/walikota dan panwaslu Kabupaten/Kota se-Jawa Barat," kata Komisioner KPU Jabar, Endun Abdul Haq Selasa (13/2).

Teknis pengundian kali ini berbeda dengan pilgub sebelumnya, karena para paslon mengambil nomor urut dari sebuah kendi (alat penyimpan air minum tradisional). "Itu sebuah simbol, yang sarat makna," sebut Endun sambil menambahkan nomor itu akan menjadi identitas paslon, yang selanjutnya digunakan untuk alat peraga kampanye (APK), bahan kampanye (BK), dan surat suara.

"Para paslon tidak diberi kesempatan menyampaikan pidato dalam forum, tetapi langsung menandatangani deklarasi damai," sebut Endun sambil menambahkan bahwa setiap calon, gubernur .

Para pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat merasa puas atas hasil pengundian nomor urut yang dilaksanakan di SOR Arcamanik Bandung, Selasa malam (13/2). Ridwan Kamil - Uu Ruzhanul Ulum mendapat nomor urut satu, Tb. Hasanuddin - Anton Charliyan nomor urut dua, Sudradjat Ahmad Syaikhu nomor urut tiga, dan Dedi Mizwar - Dedi Mulyadi nomor urut empat.

Sistem pengundian dilakukan dua tahap, yakni pertama setiap calon wagub memecahkan kendi untuk mendapat nomor antrian. Kedua, berdasarkan nomor antrian itu pula para calon Gubernur memencahkan kendi untuk mendapat nomor urut.

Acara yang dikemas atas kerjasama i-news tv dan KPU Jabar itu mengusung tema "Pintar Pilih untuk Jabar". Rangkaian kegiatan pun berlangsung meriah dan tertib.

Sementara itu, Kapolda Jabar Irjen Pol. Agung Budi Maryoto menyampaikan harapan kepada semua paslon agar menjaga Jabar tetap kondusif. "Saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada paslon yang sudah mendeklarasikan kampanye dan pilkada damai di sejumlah daerah," sebutnya sambil menegasjan bahwa pihaknya sudah menugaskan 80 petugas untuk mengawal empat paslon.

Selepas sambutan Kapolda Jabar, keempat paslon mendeklarasikan pilkada damai. (tie)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • 09 Desember 2017 | 13:12 WIB

    Proyek Rumah Deret Tamansari, Emil Diskusi dengan Warga di Pendopo

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil  bersilaturahmi dengan perwakilan warga RW 11 Kelurahan Tamansari di Pendopo Kota Bandung, Jumat (8/12/2017) malam. Pada kesempatan itu, Walikota membuka ruang diskusi ...

  • 20 November 2017 | 13:02 WIB

    Petugas Kebersihan Kota Bandung Berangkat Umrah

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Wali Kota Bandung Ridwan Kamil didampingi Direktur Utama Perusahaan Daerah Kebersihan Kota Bandung Deni Nurdyana memberikan penghargaan melaksanakan ibadah umroh kepada lima pegawai di lingkungan PD Kebersihan, ...

  • 21 Januari 2017 | 15:24 WIB

    Penjual Atribut Persib Menjamur di Ciamis

    CIAMIS. BERITABANDUNG.COM -- Suasana di area Stadion Galuh Ciamis pada Sabtu (21/1/2017) berbeda dibandingkan hari biasanya. Sejumlah pedagang atribut Persib Bandung nampak memenuhi markas klub tuan rumah PSGC Ciamis. Berdasarkan pantauan ...

  • @ 2013 beritabandung.com