BERITABANDUNG


  • 07 Maret 2018 | 14:17 WIB

SD Tunas Unggul Terapkan My Conference Latih Siswa Lebih Percaya Diri

Editor: Yatti Chahyati


 SD Tunas Unggul Terapkan My Conference Latih Siswa Lebih Percaya Diri
PENDIDIKAN - Siswa SD Tunas Unggul saat mempresentasikan hasil karyanya di depan orang tua murid dalam program My Conference di SD Tunas Unggul, Jalan Pasir Impun, Rabu (7/3/2018). (BeritaBandung)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM – Pendidikan untuk siswa bukan hanya sebatas pepar dan juga pensil saja, namun menerapkan pendidikan kepada siswa bisa dengan berbagai metode. Seperti yang diterapkan di SD Tunas Unggul, Jalan Pasir Impun, yang menerapkan pelajaran bagi siswanya melalui metode My Conference.

“Metode yang diterapkan ini yakni merupakan metode evaluasi untuk para siswa dimana mereka bukan hanya diuji melalui keretas saja, namun disini siswa lebih di uji untuk menunjukan kemandirian, keberanian dan juga interaksi sosial dengan meibatkan para orang tua siswa,”ujar Kepala Sekolah SD Tunas Unggul, Feridarnalis, yang ditemui disela My Conference, Rabu (7/3/2017).

Dijelaskannya My Conference merupakan metode pembelajaran yang khas  di SD Tunas Unggul, ketika siswa diminta memberikan prentasi tentang tema yang diajarkan di setiap kelasnya.

“Program Ini merupakan bagian dari Ujian Tengah Semester (UTS) dan setiap siswa diminta mempresentasikan tema pembelajaran selama tiga bulan mereka belajar. Presentasi itu dilakukan bukan hanya kepada guru tapi kepada orang tua murid yang harus hadir menyaksikan presentasinya itu,” paparnya.

Dengan system pembelajaran itu, siswa dikatakan Feridarnalis melatih siswa agar lebih percaya diri, melatih kebaranian didepan masyarakat dan juga membangkitkan jiwa sosial dalam diri siswa.

Dalam My conference itu tema yang dipresentasikan dikatakannya disesuaikan dengan tema pembelajaran selama tiga bulan. “Sebelum presentasi, siswa diajak untuk berdiskusi dengan orang tuanya tentang hasil yang diraihnya selama tiga bulan dalam portofolio,” ungkapnya.

Sementara itu, siswa kelas 1, Aderio Ahmad Almer mempresentasikan tentang perubahan cuaca di dunia, bahkan siswa SD bersusia 6 tahun itu pun menjelaskan dengan menggunakan Bahasa Inggris secara fasih.

“Belajar sama bunda setiap hari, dan buat presentasinya dibantu buat bunda juga. Susah juga presentasinya karena didepan orang lain bukan bunda saja,” tutur siswa bercita –cita menjadi arsitektur ini.

Sedangkan orang tua siswa, Rinda mengatakan jika ia cukup kagum dengan keberanian putranya mampu menunjukan presentasinya di depan oranng banyak. “Bukan hanya belajar materi saja, namun ini membangun kedekatan antara orang tua dan anak, karena kita akan mendengarkan apa saja yang ingin dipresentasikan oleh anak kita. Dan bagaimana agar bisa diterima oleh orang tua siswa lain.” Tutur Rinda usai mengikuti My Conference anaknya.

Ia berharap jika hal itu bisa berdampak positif bagi anaknya, khususnya untuk menumbuhkan rasa percaya diri dan juga mengasah bakat dalam anak. (tie)

 


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com