BERITABANDUNG


  • 02 April 2018 | 10:45 WIB

Ujian Nasional SMK di Jabar 100 Persen Berbasis Komputer

Editor: Yatti Chahyati


 Ujian Nasional SMK di Jabar 100 Persen Berbasis Komputer
UJIAN NASIONAL - Siswa SMKN 12 Bandung saat mengikuti UNBK hari pertama, Senin (2/4/2018). (YATTI/BERITABANDUNG)

BANDUNG, BERITABANDUN.COM -- Sebanyak 314.275 siswa SMK di Jawa Barat melaksanakan Ujian Nasionai Berbasis Komputer (UNBK) serentak hari ini, Senin (2/4/2018).

Ujian dibagi menjadi tiga sesi, dengan mata pelajaran yang diujikan terdiri atas Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dam Teori Kejuruan. Pelaksanaan UNBK SMK dilaksanakan empat hari, hingga 5 April 2018 mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Hadadi mengatakan jika Ujian Nasional SMK di Jawa Barat dipastikan 100% berbasis komputer, Menurut Yesa, tidak hanya SMK, tahun ini SMA dan MA di Jawa Barat melaksanakan Ujian Nasional 100 persen Berbasis Komputer.

“Walaupun sempat ada kabupaten yang madrasahnya masih (ujian) kertas, tapi setelah pendekatan, akhirnyaya mereka mau resource sharing dengan SMK, SMA dan MA atau mereka difasilitasi untuk bisa sewa di tempat lain,” ujarnya saat melakukan pemantauan UNBK di SMKN 12 Bandung.

Sementara itu dijelaskannya sesuai dengan Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0044/P/BSNP/XI/2017 Tentang Pos Penyelenggaraan UN TP. 2017/2018, sekolah yang belum memadai sarana komputemya dapat melaksanakan UNBK dengan menggunakan fasilitas komputer dari sekolah lain atau sering disebut resource sharing.

Siswa SMA/sederajat dari sekolah yang belum memiliki infrastruktur UNBK dapat mengikuti ujian di SMK atau SMP/sederajat pelaksana UNBK, demikian pula sebaliknya. Maka dari itu, jadwal ujian jenjang SMK, SMA/MA, dan SMP/MTS berbeda.

Jumlah keseluruhan SMA, SMK dan MA yang mengikuti UNBK adalah 5330, dengan rincian SMA 1530 sekolah, SMK 2682 sekolah dan MA 1118 sekolah. Untuk SMK sendiri, sebanyak 2.414 SMK di Jawa Barat melaksanakan UNBK secara mandiri, sedangkan 268 SMK melaksanakan UNBK di sekolah lain.

Sementara itu, Kepala SMKN 12 Bandung, Lukman menyebtukan terdapat 419 siswa dan 9 siswa SMK Otista yang ikut bergabung melaksanakan UNBK. “Kami membaginya kedalam tiga sesi ujian. Namun karena kami beberapa kali melakukan simulasi alhamdulillah untuk sesi pertma bisa dilaksanakan dengan lancar,” paparnya yang menyebutkan hari pertama pelaksanaan UNBK yakni pelajaran Bahasa Indonesia.

Semedangkan salah satu siswa SMKN 12, Firman menyebutkan jika selama pelaskanaan UNBK ia agak kerepotan karena harus melihat layar computer. “Tadi ada 50 soal lebih praktis, tapi repotnya harus lihat terus computer agak cape, tapi karena kita sudah beberapa kali simulasi latihan try out juga jadinya soalnya sih sama aja,” paparnya.

Untuk UNBK SMK yang di UN kan yakni mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan Teori Kejuruan.

“Saya berharap siswa tetap fokus mengerjakan UN dengan serius tidak terprovokasi dan terpengaruh dengan isu beredarnya kunci jawaban oleh pihak luar. Tetap percaya diri mengerjakan yang soal,” tegas Hadadi. (tie)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com