BERITABANDUNG


  • 09 April 2018 | 09:54 WIB

Lebih Dari Dua Ratus Ribu Siswa SMA Di Jabar Hari Ini Ikuti UNBK

Editor: Yatti Chahyati


 Lebih Dari Dua Ratus Ribu Siswa SMA Di Jabar Hari Ini Ikuti UNBK
UNBK - Kadisdik Jabar saat memantau pelaksanaan UNBK di SMAN 3 Bandung, Senin (9/4/2018). (BeritaBandung)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM – Sebanyak 213.078 siswa SMA di Jawa Barat hari ini mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang diselenggarakan di 1530 sekolah yang tersebar di seluruh Jabar baik swasta ataupun negeri.

“Tahun ini Jawa Barat sudah menggelar 100 persen pelaskanaan UNBK, namun memang belum dilaksanakan dalam dua tahap kita masih dilaksanakan tiga tahap di sekolah penyelenggara UNBK,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Ahamd Hadadi, yang ditemui usai melakukan pemantauan di SMAN 3 dan 5 Bandung, Senin (9/4/2018).

Dikatakannya Jawa Barat memiliki 8816 server dan 260.956 unit, yang merupakan bantuan pemerintah pusat, daerah serta sekolah. “Kami akan terus mengoptimalkan computer ini sehingga siswa UNBK bisa dilaksanakan hanya dua sesi saja tahun depan,” harapnya.

Selain SMA yang saat ini menggelar UNBK yakni untuk tingkat MA sebanyak 67.339 siswa yang diselenggarakan di 1118 sekolah. Sedangkan untuk SMK sudah dilaksanakan minggu lalu.

Pelaksanaan UNBK diselenggarakan hingga tanggal 12 April untuk mata pelajaran, Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris dan terakhir mata pelajaran yang disesuaikan dengan jurusan yang diambil siswa.

Hadadi mengatakan dengan pelaskanaan UNBK sebetulnya mencegah terjadinya kebocora, karena soal di UNBK sangat bervariatif.

“Soalnya beragam dan tidak bisa dibuka sebelum pelaskanaannya tiba, bahkan jika siswa ketahuan jika soal bocor maka akan langsung diacak kembali dan siswa tidak akan mengetahuinya. Bahkan bisa jadi satu ruangan berbeda soalnya,” terang Hadadi.

Selain itu ditegasakan Hadadi jika UNBK tidak menentukan kelulusan karena kelulusan ditentukan oleh sekolah.

“Kelulusan siswa dilihat dari program keseluruhan yang sudah dituntaskan siswa, nilai sikap dan prilaku serta ujian satuan/program pendidikan. Sedangkan UNBK meski menjadi salah satu penilaian namun lebih kepada pemetaan pendidikan saja,” katanya. (tie)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com