BERITABANDUNG


  • 09 April 2018 | 10:17 WIB

Kepsek SMAN 3 dan 5 Jamin Tak Ada Kebocoran UNBK

Editor: Yatti Chahyati


 Kepsek SMAN 3 dan 5 Jamin Tak Ada Kebocoran UNBK
UNBK - ilustrasi. (BeritaBandung)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM – SMAN 3 dan 5 Bandung menjadi sekolah yang menjadi sorotan karena kabar dugaan kebocoran soal UASBN beberapa waktu lalu. Namun di temui disela pelaksanaan UNBK Kepala Sekolah SMAN 3 dan 5 menjamin jika tidak ada dugaan kebocoran soal di sekolahnya.

“Kami menjamin tidak ada kebocoran soal di sekolah kami. Apalagi saat pelaskanaan UNBK ini, jangankan pihak luar saya saja kepala sekolah tidak diperbolehkan masuk ke ruangan kelas untuk memantau apalagi untuk melihat soalnya sesuai SOP nya,” tegas Kepala Sekolah SMAN 3 Bandung, Yeni Gantini di sekolahnya, Senin (9/4/2017).

Ia menyebutkan untuk distribusi soal UNBK sistemnya sangat tertutup bahkan dikunci langsung oleh server sebelum pelaskanaan detik -detik UNBK. “Baru beberapa menit jelang UNBK server dibuka dan siswa baru bisa melihat soalnya saat masuk di kelas saja. Jadi sejauh ini tidak ada kebocoran soal soal. karena yang bisa melihat soal ya siswa,” tegas Yeni.

Hal senada diungkapkan Kepala SMAN 5 Bandung, Suparman mengatakan sangat sulit adanya kebocoran jika melihat system UNBK.

“Karena diatur langsung server, bahkan jika error dalam beberapa menit maka system akan langsung tertutup dan kemudian diacak kembali. Jadi siswa akan mendapat soal yang berbeda. Maka s” ujar Suparman di SMAN 5 Bandung, Jalan Belitung.

Peserta UNBK di SMAN 3 Bandung yakni  432 siswa, sedangkan di SMAN 5 Bandung 412 siswa dan diselenggarakan dalam tiga sesi UNBK.

Sedangkan Ketua tim imvestigasi kebocoran soal UASBN Jawa Barat Husen R Hasan menegaskan sejauh ini pihaknya belum melihat adanya bukti kebocoran UASBN di sekolah –sekolah yang diduga terjadi kebocoran soal UASBN.

“Kami sudah mendatangi sekolah yang disebutkan diduga adanya kebocoran soal yakni SMAN 3, SMAN 5, SMAN 16, SMAN 20 dan SMA Yahya. Dari lima sekolah itu distribusi hasil nilai UASBN kami pantau normal dan sejauh ini kami belum bisa membandingkan dugaan soal yang bocor itu dengan soal yang diujikan, karena memang tidak ada,” tegasnya.

Meski demikian ia menyerahan investigasi sepenuhnya kepada tim dari Polrestabes Bandung yang kabarnya juga sedang melakukan investigasi, bahkan dikatakan Hasan sudah Husen pihak kepolisian pun sudah menanyakan kepada Disdik prihal hal itu.

“Jika memang ada pelanggaran ditemukan oleh pihak kepolisian maka sepenuhnya itu akan menjadi ranah hukum dan itu sepenuhnya diserahkan kepada pihak kepolisian,” ujar Husen. (tie)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com