BERITABANDUNG


  • 12 April 2018 | 11:13 WIB

Rawan Kebocoran Ketua DPRD Jabar Minta UNBK Dipantau Langsuung

Editor: Yatti Chahyati


 Rawan Kebocoran Ketua DPRD Jabar Minta UNBK Dipantau Langsuung
UNBK - ilustrasi

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat Ineu Purwadewi Sundari meninjau langsung pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di SMAN 1 Sumedang, Kabupaten Sumedang.

"Alhamdulillah beberapa waktu lalu saya meninjau langsung pelaksanaan UNBK di SMA Negeri 1 Sumedang dan pelaksanaan secara keseluruhan, alhamdulillah berlangsung lancar," kata Ineu Purwadewi Sundari, seperti dikutip BeritaBandung dari antara, Kamis (12/4/2018),

Ia mengatakan pelaksanaan UNBK Tahun 2018 merupakan tahun kedua dan masih memerlukan perbaikan secara menyeluruh baik dalam persiapan maupun pelaksanaannya.

Menurut dia, perlu ada pantauan secara langsung dilapangan untuk meminimalisir berkaitan dengan isu yang merebak tentang isu kebocoran soal yang terjadi menjelang pelaksanaan UNBK dan hal itu tentu meresahkan semua pihak lantaran seolah-olah tidak ada pengawasan dari dewan.

"Jadi kami meninjau satu sampel saja sekolah bagaimana pelaksanaan unbk yang sedang berlangsung ini," ujar Ineu .

Bukan hanya di Kabupaten Sumedang saja, lanjut Ineu, kegiatan peninjauan pelaksanaan unbk ini pun dilakukan Komisi V DPRD Provinsi Jawa Barat di daerah Cianjur dan di beberapa daerah lainnya.

Selain itu, pantauan langsung tersebut juga untuk mengetahui sejauhmana kendala yang dihadapi dalam setiap pelaksanaan UNBK.

"Dengan begitu, kami dapat mengetahui persoalan yang dihadapi untuk dijadikan bahan evaluasi pada pelaksanaan unbk di tahun berikutnya," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Ahmad Hadadi menyebutkan, pelaksanaan UNBK tahun ini diikuti 1530 sekolah dengan jumlah peserta ujian sebanyak 213.013 peserta didik.

Menurut Hadadi secara umum pelaksanaan UNBK berlangsung dengan lancar dan upaya koordinasi dengan instansi PLN dan Telkom dilakukan untuk mengurangi risiko kendala dilapangan saat pelaksanaan UNBK.

"Sejauh ini tidak ada kendala yang berarti karena sebelumnya kami sudah berkoordinasi dengan pihak terkait," ujar Hadadi.

Ketika ditanyakan soal kebocoran soal, Hadadi menuturkan sudah dalam penelusuran dan penyelidikan terhadap penyebar isu tersebut karena hingga saat ini belum ada temuan atau fakta dilapangan tentang kebocoran soal.

"Proses penyelidikan dari kepolisian sedang berlangsung, jadi hingga saat ini belum ada fakta tentang kebocoran soal itu," ujar dia. (*)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com