BERITABANDUNG


  • 17 April 2018 | 16:06 WIB

116 Calon Beberkan Harta Kekayaannya, Ini Dia Harta Mereka

Editor: Yatti Chahyati


 116 Calon Beberkan Harta Kekayaannya, Ini Dia Harta Mereka
KPK - Menteri Luar Negeri membuka pembekalan antikorupsi dan deklarasi LHKPN pasangan calon kepala daerah se-Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate Jl. Diponegoro Bandung, Selasa (17/4). (ist)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Deddy Mizwar merupakan calon Gubernur terkaya dengan total harta Rp 36,0 miliar, disusul Anton Charliyan Rp 29,0 miliar, dan Sudrajat Rp 22,0 miliar. Selain itu, Ridwan Kamil Rp 13,3 miliar, Hasanudin Rp 11,9 miliar, Dedi Mulyadi Rp 6,1 miliar, Uu Ruzhanul Ulum Rp 2,9 miliar, dan yang terkecil Ahmad Syaikhu Rp 2,0 miliar.

Sedangkan darintingkat calon Bupati dan Wali Kota harta terbanyak yakni Sugeng Teguhsatoso Calon Wakil Wali Kota Bogor yakni senilai Rp 82.012.477.591.

Saat ditanya wartawan selepas acara pembekalan antikorupsi bagi calon kepala daerah di Gedung Sate Bandung, Selasa (17/4), Wakil Ketua KPK, Basari Panjaitan menegaskan deklarasi harta kekayaan terkait dengan kejujuran calon kepala daerah. "Kejujuran itu berhubungan dengan integritas," sebutnya.

Ia mengatakan pilkada yang berintegritas harus terwujud dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Bupati/Wali Kota dan Wakil Bupati/Wali Kota se-Jawa Barat 27 Juni mendatang. Para paslon dituntut jujur dan tidak masuk ke ranah tindak pidana korupsi. Selain itu, semua ide yang dijanjikan kepada pemilih harus dilaksanakan dengan baik.

Hal itu mengemuka pada acara pembekalan antikorupsi dan deklarasi LHKPN pasangan calon kepala daerah se-Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate Jl. Diponegoro Bandung, Selasa (17/4).

Menurut Basaria ia menyebutkan jika tuntutan kepada paslon untuk jujur dan berintegritas, didasari kenyataan hingga saat ini tercatat 18 gubernur dan 75 bupati/wali kota atau wakilnya terjerat kasus korupsi. "Jadi, pemimpin terpilih di Jawa Barat jangan sampai masuk grup ini," sebutnya.

Ia juga mengingatkan, rata-rata biaya pilkada bupati/wali kota sekitar Rp 20-30 miliar, sedangkan kekayaan calon rata-rata Rp 7-9 miliar. "Kesenjangan ini biasanya  dimanfaatkan oknum dengan memungut 10-30% dari nilai proyek atau diijon dari SKPD," katanya sambil menegaskan  KPK akan mengawal peserta dan penyelenggara pemilu, agar tidak terjadi conflict of interest.

Hal senada juga dikemukakan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Menurutnya, para kepala daerah harus menandatangani Pakta Integritas dengan hati. "Kalau tidak tulus, bisa kejadian pagi-pagi menandatangani Pakta Integritas dan sorenya ditangkap KPK," ujarnya.

Dikatakan Tjahjo, harus ada perhatian khusus terhadap tiga hal penting, yang selama ini bisa menjadi sumber masalah yakni

perencanaan anggaran, APBD, dan perizinan. Sampai sekarang tercatat 89 kepala daerah yang bermasalah dengan hukum karena persoalan tersebut. Selain itu 357 anggota DPRD dan SKPD juga berurusan dengan perencanaan anggaran.

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, menyatakan, fase penting dalam pilkada adalah penegasan integritas paslon dan profesionalisme. "Jangan kajadian lagi OTT di Jawa Barat," tandasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Jabar Yayat Hidayat melaporkan, kegiatan pembekalan dihadiri 116 calon, terdiri atas 4 paslon Gubernur dan 52 paslon Bupati/Wali Kota se-Jawa Barat. Ia juga berharap forum ini menyempurnakan salah satu syarat pencalonan yang belum tuntas, yakni LHKPN. "Mudah-mudahan bisa sagera disampaikan ke KPU, minimal H-30 sebelum pencoblosan," pungkasnya.(tie)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com