BERITABANDUNG


  • 10 Mei 2018 | 16:52 WIB

Mengulang Sukses Pidi Baiq Produksi Film Koboi Kampus "Understanding The Panasdalam"

Editor: Yatti Chahyati


 Mengulang Sukses Pidi Baiq Produksi Film Koboi Kampus
FILM - Pidi Baiq bersaa dengan 69 Production saat menggelar jumpres film terbarunya di Cafe The Panasdalam. (BeritaBandung)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM – The Padasdalam menjadi salah satu band legenda di era 1995, Band yang digawangi Pidi Biqini ini pun bahkan hingga kini masih dikangeni penggemarnya.

Dan tahun ini, 69 Production akan mewujudkan karya film yang diangkat dari pengalaman kuliah seniman sebesar Pidi Baiq.

“Film ini akan menampilkan kehidupan mahasiswa senirupa ITB yang terjadi pada era tahun 1995 hingga dimulainya era reformasi pada tahun 1998, dibalut dengan sajian-sajian humor yang segar,” ujar Pidi Baiq dalam jumpresnya, Rabu (10/5/2018) malam.

Film yang didukung oleh profesional perfilman dari Bianglala Productions dan The Panasdalam Movie, diharapkan dapat memeriahkan industri perfilman yang sekarang  semakin semarak.

Produser Eksekutif :Budi Ismanto di tempat yang sama menyebutkan, dalam filmnya nanti, Ini adalah cerita nyata yang terjadi antara tahun 1995 sampai 1998, di masa pemerintahan Orde Baru sedang digoyang oleh adanya gerakan mahasiswa yang menuntut terjadinya reformasi.

“Di mana di saat yang sama terdapat lima orang mahasiswa senirupa ITB yang memiliki cara lain di dalam menyikapi situasi dan keadaan Indonesia di masa itu. Ketimbang ikut-ikutan demo, mereka memilih memisahkan diri dari NKRI dan mendirikan sebuah negara sendiri berukuran 8x10m di lantai dua gedung Fakultas Seni Rupa dan Desain ITB (FSRD-ITB). Negara itu diberi nama Negara Kesatuan Republik The Panasdalam. Penduduknya sebanyak 18 orang, yang tak lain adalah kawan-kawan mereka sendiri,” terang Budi

Negara ini dibentuk oleh Pidi Baiq yang kemudian mengangkat dirinya sendiri sebagai imam besar The Panasdalam. Imam besar The Panasdalam memiliki hak penuh di dalam memilih dan menentukan presiden. Presiden yang terpilh saat itu adalah Deni Rodendo. Alasan Imam besar memilih Deni adalah karena Deni dianggap satu-satunya presiden di dunia yang hapal nama penduduknya. Itu prestasi.

Imam besar juga membentuk Dewan Syuro untuk menjadi partner di dalam menentukan arah kebijakan negara The Panasdalam. Ketua dewan syuro yang diangkat oleh Imam Besar pada saat itu adalah Ninuk. Alasan memilih Ninuk adalah, karena Ninuk mau menjadi ketua Dewan Syuro.

Tahun 1998, setelah Bapak Suharto lengser, Imam Besar memprakarsai diadakannya Muktamar The Panasdalam, yang diadakan di Dago Tea Huis. Tujuan Muktamar adalah untuk menentukan apakah setelah Bapak Suharto turun, The Panasdalam tetap akan menjadi Negara atau bergabung lagi dengan NKRI?

Budi menambahkan film ini saat ini sedang tahap produksi dan ditargetkan bisa meluncur pada bulan Oktober mendatang. (tie)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com