BERITABANDUNG


  • 12 Mei 2018 | 16:47 WIB

Jelang Ramadhan, Kang Hasan Ikut Karnaval 'Munggahan' di Kabupaten Cirebon

Editor: Yatti Chahyati


 Jelang Ramadhan, Kang Hasan Ikut Karnaval 'Munggahan' di Kabupaten Cirebon
HASANAH - Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB Hasanuddin ikuti kegiatan karnaval yang dilakukan oleh Kabupaten Cirebon. (ist)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Seluruh muslim di dunia sedang bersiap menyambut bulan suci Ramadhan, tak terkecuali di Indonesia. Tradisi munggahan atau kegiatan unik yang sebelum Ramadhan tiba, dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satunya, kegiatan karnaval yang dilakukan oleh Kabupaten Cirebon ini.

Menurut Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 2 TB Hasanuddin atau akrab disapa Kang Hasan, kegiatan tersebut, merupakan hal positif yang harus terus dipertahankan.

Selain menunjukan kekompakan masyarakat dalam menampilkan kreasi seni dan budaya, sambungnya, kegiatan tersebut juga menjadi hiburan menarik, sambil menanti bulan penuh berkah tiba.

"Kegiatan Karnaval ini, menunjukan sifat kegotong royongan, selain sebagai hiburan, hal itu juga menjadi pengingat puasa akan seger tiba," ungkapnya usai membuka Karnaval tersebut, di Kecamatan Susukan, Kabupaten Cirebon, belum lama ini.

Kang Hasan menambahkan, ada beberapa tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Jawa Barat, menyambut datangnya bulan puasa, diantaranya tradisi 'toharoh' atau mensucikan diri melalui mandi besar atau memberaihkan lingkungan sekitar.

Budaya dan tradisi tersebut, lanjut Kang Hasan, harus tetap dipertahankan.  "Supaya budaya tetap jalan dan akidah tetap terjaga," imbuhnya.

Sementara itu, Tokoh masyarakat Susukan, Kiai Ali Murtado mengatakan, seluruh masyarakat yang hadir, menyambut baik kedatangan kedatangan mantan anggota Komisi I DPR RI itu, pada pagelaran karanaval dua tahunan tersebut.

Kiai Ali berharap, kegiatan tersebut akan semakin eksis sebagai tradisi yang unik dan positif, dalam menyambut bulan suci Ramadhan.

"Alhamdulillah bisa kedatangan jenderal yang dibanggakan khusus melepas acara dan memberikan semangat. InsyaAllah bisa maju sama-sama ke depan (dengan Kang Hasan)," jelas Ali.

Karnaval tersebut, diisi dengan parade budaya dan berbagai kreatifitas seperti patung-patung besar, pertunjukan musik, hingga drama singkat, yang disaksikan ribuan masyarakat sekitar. (*/tie)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com