BERITABANDUNG


  • 24 Mei 2018 | 05:21 WIB

Unisba Tangkap Tangan 25 Joki dalam PMB Fakultas Kedokteran

Editor: Yatti Chahyati


 Unisba Tangkap Tangan 25 Joki dalam PMB Fakultas Kedokteran
PENDIDIKAN - Jumpres UNISBA mengungkap peraktik perjokian di kampusnya dalam PMB FK Unpad, kemarin. (BERITABANDUNG)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM – Universitas Islam Bandung menangkap tangan 25 joki saat pelaksanaan ujian penerimaan mahasiswa baru (PMB) untuk Fakultas Kedoteran yang dilaksanakan 19-20 Mei lalu.

Meski menangkap tangan 25 praktik perjokian di kampusnya, namun Unisba hanya melaporkan empat orang sampai saat ini dan diserahkan kepada Polrestabes Bandung.

Wakil Rektor I Unisba A. Harits Nu’man yang juga Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) Unisba 2018 menyebutkan jika praktik perjokian itu mengagetkan pihak universitas, meski tidak memungkiri jika seleksi di kampusnya tidak bisa lepas dari praktik perjokian, namun untuk jumlah yang masiv memang baru diketahui saat ini.

“Bahkan saya bisa bilang ini merupakan sindikat, karena sangat terencana bahkan mereka ini berjaring ada dua gelombang joki yakni dari Jawa Tengah dan juga Jakarta. Bahkan mereka sampai disediakan penginapan diatur segalanya hingga pakaian yang akan dikenakanpun diatur oleh sindikat ini,” terang Harits, dalam keterangan persnya di Gedung Rektorat Unisba, Rabu (25/5/2018).

Ia mengatakan atas kejadian tersebut pihaknya sudah melaporkan ke Polrestabes untuk selanjutnya diproses secara hukum.

“Ada tiga tuntutan yakni perbuatan pencemaran nama baik, penipuan dan pemalsuan identitas. Dan ini akan kami tuntut terus sebagai efek jera kepada siapapun yang main – main dengan PMB kami,” tegasnya.

Selain dibawa ke ranah hukum para peserta yang menggunakan jasa para joki dipastikan Harits langsung di black list dari Unisba.”Kami sudah mengantongi nama – namanya dan sampai kapapun untuk jurusan apapun mereka tidak akan pernah diterima di kampus kami,” terangnya.

Dari keterangan yang diperoleh pihak Rektorat Unsiba memaparkan jika para joki itu dibayar sekitar empat juta rupiah untuk tes psikotes, selain itu dari 25 joki yang diketahui sebagian besar berstatus sebagai mahasiswa di beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Jawa Tengah dan Jakarta.

“Kami juga sudah melaporkan nama –nama yang diindikasi menjadi joki itu kepada pihak rektorat kampus masing –masing tentunya kami meminta sanksi yang tegas bahkan kami juga akan melaporkannya kepada Dikti,” paparnya.

Fakultas Kedokteran Unisba dijelaskan Harits menjadi fakultas terfavorit setelah Ilmu Komunikasi, selain memiliki kualitas yang sangat baik, outpun FK Unisba memang sudah diakui oleh semua pihak.

“Perbandingannya yang mendaftar 2000 orang yang diterima hanya 200 orang saja, dan tentunya persaingannya sangat ketat sehingga mungkin banyak calon mahasiswa yang akhirnya berpikir singkat dengan menggunakan jasa perjokian,” jelasnya. (tie)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com