BERITABANDUNG


  • 06 Juni 2018 | 22:53 WIB

ITB Bekukan Organisasi Mahasiswa Berafiliasi HTI

Editor: Yatti Chahyati


 ITB Bekukan Organisasi Mahasiswa Berafiliasi HTI
PENDIDIKAN - ilustrasi

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Institut Teknologi Bandung (ITB) membekukan organisasi mahasiswa yang diduga berafiliasi dengan Hizbut Tahrir Indonesia (HTI).

"Organisasi kemahasiswaan (yang dibubarkan) ini adalah HATI (Harmoni Amal dan Titian Ilmu) yang kami bekukan beberapa minggu yang lalu," ujar Wakil Rektor Bidang Akademi dan Kemahasiswaan ITB, Bermawi P. Iskandar, di Bandung, Rabu.

Bermawi mengatakan, organisasi HATI telah lama dicurigai gerak-geriknya. Pasalnya, sering mengundang tokoh-tokoh HTI untuk menjadi pemateri dalam diskusi yang diselenggarakannya.

Sebelum dibekukan, pihak rektorat sebetulnya sudah memberikan peringatan berupa teguran agar organisasi tersebut tidak menyelenggarakan kegiatan yang bertentangan dengan aturan kampus dan nilai-nilai Pancasila. Namun, mereka seolah tidak menaatinya.

"Diskusi di kampus dan itu kita tegur, sudah dua kali mereka mengadakan diskusi itu. Dari hasil diskusi mereka posting di medsos dan memang ada kaitannya dengan aspirasi dari HTI itu," kata dia.

Menurutnya, organisasi itu sudah eksis sejak lima tahun lalu. Tercatat, sebanyak 59 orang yang menjadi anggota HATI. Saat ini pihak ITB, terus menelusuri secara detail jejak rekam HATI.

Apabila dinilai membahayakan bagi kampus, maka ITB akan melakukan tindakan tegas berupa pembubaran. Namun untuk sementara ini, organisasi kemahasiswaan tersebut masih dibekukan karena mereka hanya berkegiatan pada tataran diskusi.

"Jadi masih wacana. Kalaupun sistem negara khilafah ini masih wacana. Untuk itu kami perlu meluruskan mereka," katanya.

Menanggapi pernyataan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) yang memasukan ITB ke dalam beberapa perguruan tinggi terpapar radikalisme, ia justru berterima kasih karena telah memberikan gambaran serta masukan terhadap kampusnya.

"HATI ini jadi pelajaran berharga buat ITB. Kami lebih berhati hati mengizinkan organisasi kehamasiswan seperti HATI ini. Karena kegiatan diskusinya tidak konstruktif," kata dia.

Ia juga menjelaskan, saat pertama kali masuk di ITB, para mahasiswa telah berjanji bahwa mereka akan mematuhi segala aturan yang berlaku di ITB termasuk berorganisasi dengan berlandaskan Pancasila.

"Yang namanya Pancasila itu harus jadi dasar mereka, baik dalam berorganisasi kemahasiswaan, menuntut ilmu. Fokuskan perhatian kita di dalam membangun negara ini dengan mencari kesamaan dari perbedaan yang ada. Jika seperti itu, maka upaya yang kita lakukan akan bernilai peningkatan kesejahteraan, menghindari konflik yang terjadi," kata dia.

kenapa memilih Hasanah pertama kita tau rekam jejak kwduanya merupakan figur yg memiliki pengalaman.

Sekolah gratis, jabar jageur, program noga gawe, dan. Molotot. Com, lahirnya bungkarno. Menyelenggarakan makan bersama bancakan 117tokoh jabar melaksanakan kegiatan disleuruh jabar, dr dpr ri, knpi, bmi, pemuda demokrat pendidikan, unsur tokoh masyarakat

Adalah salah satu kegiatan ttng bulan bungkarno d bulan juni ini di tiga momentum satunjuni? Ahirnya pancasila, lahirnya bungkarno dan wafatnya bungkarno diaebut bulan bungkarno pasangan hasanah memiliki spirit memiliki jowa. Pancasila meyakinkan jika kehiduapan spirit kedua untuk. Membuka pemerintahan bari di jabar dengan 7program.unggulan tiga hal yg digenjot, ketika wafatnya bungkarno oinatrofeksi jabar dgn hadijnya hasanah bs membawa kemajuan jabar, menjelang tahl 27jn nnt akan trua melakukan kosolidasi baik saksi dan dortudor juga serangan udarabjuga menyampaikan masy jabat gunakan pasrtisifasinya untuk referensinya ke kang hasan dan kang anton 67persen tahun lalu pilkafa, tumbuh terus tahun ini utk. Memilih kang hasan dan kang anton.

Has survai yg sudah2 mengjargainya kamibhrs melihat responden metode kami tetap melakukan konsolidasi. Pememanangan tanpa. Melihat jasil survai untuk. Kemnenabgan hasanah partisipasi masyarakat jabar bagus yakin kemenangan antusiasme dan aksestabilutas utk. Pigur kang hasan ckp bagus seperti cirebon, karawang antusias tinggi akan diisi terus pemenabgN. Optimia akan mendapatkan suaran 8jt suara. (antara)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com