BERITABANDUNG


  • 10 Juni 2018 | 11:53 WIB

Gubernur Aher Lepas 130 Bus Mudik Gratis

Editor: Yatti Chahyati


 Gubernur Aher Lepas 130 Bus Mudik Gratis
MUDIK - Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) secara resmi melepas sebanyak 130 bus yang tersebar di Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kota Bogor, Kota Bekasi dan Kota Cirebon di halaman Gedung Sate Bandung, Sabtu (9/6/2018). (BERITABANDUNG)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebagai bentuk pelayanan kepada masyarakat khususnya kurang mampu, Pemerintah Provinsi Jawa Barat Kembali mengadakan mudik gratis. Kali ini, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) secara resmi melepas sebanyak 130 bus yang tersebar di Kota Bandung, Kota Sukabumi, Kota Bogor, Kota Bekasi dan Kota Cirebon di halaman Gedung Sate Bandung, Sabtu (9/6/2018).

Seluruh bus tersebut berangkat menuju sejumah daerah di Jawa Tengah melalui jalur utara dan selatan.

"Kita lakukan ini dalam rangka memberikan kemudahan bagi masyarakat khususunya masyarakat kurang mampu kalau yang mampu tentunya mereka menggunakan kendaraan pribadi," kata Aher.

Tiap tahun, Program mudik gratis bertujuan guna mengurangi jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua. Aher mengatakan, mudik menggunakan sepeda motor sangat rentan terjadi kecelakaan. Tak sedikit kecelakaan dalam arus mudik didominasi oleh sepeda motor.

"Juga kita lakukan ini dalam rangka mengurangi mudik menggunakan roda dua karena rentan sekali kecelakaan," ujarnya.

Selain itu, Dinas Perhubungan Jabar juga menyediakan armada truk gratis untuk untuk mengangkut kendaraan roda dua.

"Tentu saja ini bagian dari pelayanan pemerintah kepada masyarakat supaya nyaman ketika mudik bareng-bareng," ucap Aher.

Salah seorang pemudik, Purwanto, yang akan mudik ke Wonogiri mengaku senang Pemprov Jabar kembali mengadakan mudik gratis ini. Menurut Pria yang mengadu nasib di Kota Bandung dan bertempat tinggal di kawasan Dago ini program mudik gratis sangat membantunya terutama bisa menghemat biaya dan waktu.

"Ini bagus ya sangat menolong kita," ujar Purwanto yang ditemani istri dan kedua anaknya.

Pelayanan yang diberikan oleh Dishub Jabar selama masa pendaftaran hingga pemberangkatan, juga menurutnya cukup baik prosesnya dan memudahkannya.

"Pelayanan dari mulai pendaftaran sampai berangkat sangat bagus ya, pengarahannya sampai tahu detil, barang bawaan pun dibawain," ucapnya.

Purwanto berharap, jangkauan atau tujuan akhir dalam mudik gratis ini bisa ditambah hingga ke seluruh daerah di Jawa Tengah dan Jawa Timur, bahkan ke luar pulau Jawa.

"Jalurnya lewat Selatan dan Utara ini sudah bagus tapi saya berharap kedepannya tujuannya diperluas lagi sampai ke seluruh daerah, ke luar pulau Jawa juga kalau bisa," harapnya.

Dari 130 armada bus gratis yang disediakan itu, 100 unitnya berasal dari Pemprov Jabar. Sementara 30 unitnya berasal dari Jasa Raharja, Polda Jabar dan Kota Cimahi. (*/tie)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com