BERITABANDUNG


  • 20 Juni 2018 | 22:27 WIB

Peduli Pada Pemudik, Ini Kata Ridwan Kamil

Editor: Yatti Chahyati


 Peduli Pada Pemudik, Ini Kata Ridwan Kamil
RINDU - Kandidat Gubernur Jabar nomor urut 1, Ridwan Kamil. (ist)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Kandidat Gubernur Jabar nomor urut 1, Ridwan Kamil mengucapkan selamat beraktifitas kembali kepada pemudik lebaran asal Jawa Barat yang  yang kini telah  balik lagi  di perantauan, di berbagai  kota besar.

“Saya yakin mereka berbahagia, setelah bersilahturahmi dengan orang tua, sanak famili dan handai tolan di kampung halaman,”  kata Kang Emil sapaan akrab Wali Kota Bandung nonaktif ini hari ini.

Kang Emil mengingatkan warga Jawa Barat yang  ‘merantau’ ke  kota –kota besar, untuk menggunakan hak pilihnya pada pemungutan suara, 27 Juni nanti.

“Sebaiknya hak pilih digunakan.  Pada 27 Juni semua instansi dan perusahaan libur,  jadi  silahkan berpartisipasi pada pesta demokrasi ini,” ujarnya.

Dia juga mengapresiasi warga yang mudik menggunakan kendaraan umum, baik kereta maupun bus. "Mudik dengan angkutan umum berarti ikut serta mengurangi kemacetan lalu lintas di jalur darat. Ke depan, kalau infrastruktur angkutan umum,  kereta api diperbanyak dengan stasiun pemberhentian di setiap kabupaten, maka saya yakin banyak orang beralih mudik dengan kereta karena lebih cepat, murah, dan menyenangkan," ujar cucu KH. Muhyidin, ulama besar pendiri 8 pesantren  Pagelaran di Subang, Purwakarta dan Sumedang ini.

Kang Emil menilai, mudik tahun ini berjalan lancar dibandingkan tahun sebelumnya, karena pemerintah memberikan keluangan waktu cuti Lebaran yang lebih panjang. Sehingga, menurut dia, para pemudik  tidak pulang ke kampung haman  berbarengan, mendekati hari H Lebaran seperti yang terjadi pada tahun - tahun sebelumnya.

"Selain itu mereka bisa menikmati hari Raya dan libur Lebaran ke tempat- tempat wisata di desa mereka dengan waktu yang lebih longgar dan kembali ke kota tanpa tergesa-gesa," ujar penerima 310 penghargaan ini.

Menurut Kang Emil, pelayanan mudik dari tahun ke tahun terjadi peningkatan. Mulai dari penambahan jalan tol baru, hingga pengawalan arus lalu lintas oleh kepolisian setempat.  Polda Jabar mencatat, angka kecelakaan lalu lintas pada arus mudik maupun balik tahun ini turun 45 persen  dibanding tahun lalu. Sementara secara nasional, arus mudik turun 50 persen dibandingkan tahun 2017.

Kang Emil  mengapresiasi kinerja kepolisian yang siaga di titik-titik rawan macet untuk melakukan rekayasa lalu lintas dan menjaga titik-titik rawan kejahatan. "Terima kasih kepada kepolisian yang sudah mengawal arus mudik dan arus balik sehingga para pemudik ini bisa mudik dengan lancar dan selamat kembali sampai ke rumah," katanya. (*/tie)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com