BERITABANDUNG


  • 23 Juni 2018 | 18:18 WIB

Atribut Pilkada Bakal Dibersihkan, PJS Gubernur Jabar Minta Panwaslu Netral

Editor: Yatti Chahyati


 Atribut Pilkada Bakal Dibersihkan, PJS Gubernur Jabar Minta Panwaslu Netral
PEMPROV JABAR - Apel Siaga Kesiapan Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018 di Sport Jabar Arcamanik, Jl. Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Sabtu (23/6/18). (Ist)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Jelang hari pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada 27 Juni 2018, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) telah siap mengawal seluruh tahapan atau proses Pilkada Serentak. Selain itu berbagai atribut kampanye yang sudah terpasang akan segera di cabut oleh Panwaslu.

Sementara itu, sebagai garda terdepan dalam pengawasan Pilkada, Pj. Gubernur Jawa Barat H. Moch. Iriawan meminta Panwaslu bersikap netral dan maksimal dalam bertugas. Karena Panwas mempunyai tugas mulia dari negara untuk mengawal pesta demokrasi di negeri ini.

"Saya berharap maksimalkan tugas yang diberikan (kepada panwas). Ini kehormatan. Netralitas juga penting, masing-masing juga punya hak suara, tapi jangan mengarahkan orang lain untuk merujuk pada salah satu paslon," pinta Iriawan dalam arahannya saat menghadiri Apel Siaga Kesiapan Pengawasan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2018 di Sport Jabar Arcamanik, Jl. Pacuan Kuda, Arcamanik, Kota Bandung, Sabtu (23/6/18).

Menurutnya, Panwas adalah elemen penting dalam pengawasan Pilkada. Karena mereka menjadi mata dan telinga, serta berkontribusi langsung dalam setiap tahapan Pilkada.

"Saya ditugaskan untuk mengawal terselenggaranya Pilkada yang harus berjalan lancar dan berkualitas," kata Iriawan.

"Dan saya tidak bisa bekerja sendiri. Tidak bisa kalau tidak ada bapak/ibu sekalian, siapa yang mengawasi pelaksanaan Pemilu di lapangan," lanjutnya.

Iriawan optimis dan percaya penyelenggaraan Pilkada di Jawa Barat akan berjalan lancar. "Saya yakin dan optimis semua penyelenggaraan tahapan-tahapan Pilkada akan berjalan lancar di tengah Jawa Barat yang kita cintai, secara keseluruhan di 27 kabupaten/kota dan satu provinsi," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat Harminus Koto mengatakan, bahwa pihaknya siap 24 jam dalam melakukan pengawasan Pilkada di Jawa Barat.

"Bawaslu sudah siap, mulai dari jajaran provinsi sampai kepada TPS untuk mengawasi tahapan yang akhir ini, pencoblosan maupun pemungutan dan rekapitulasi suara di kecamatan, kabupaten/kota, hingga tingkat provinsi," tutur Koto.

"Saya kira seluruh aparat kita sampai kepada Pengawas TPS sudah siap untuk mengawasinya selama 24 jam," tambahnya.

Pada kesempatan Apel Siaga yang dihadiri 2.000 petugas, Panwas juga diminta untuk membersihkan seluruh alat peraga kampanye para pasangan calon (Paslon) peserta Pilkada. Dengan berakhirnya masa kampanye pada hari ini, penertiban alat peraga kampanye akan dilakukan mulai malam ini.

Harminus Koto mengaku, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian, TNI, KPU Jabar, para pasangan calon, Satpol PP, dan Linmas. "Selesai kampanye hari ini, kita bekerjasama untuk membersihkan seluruh alat peraga kampanye sampai bersih. Mulai nanti malam serentak di 27 kabupaten/kota di 627 kecamatan," tuturnya.

Selain itu, Koto juga menambahkan bahwa Bawaslu sudah melakukan antisipasi dan memetakan potensi kerawan secara preventif. Potensi kerawanan ini seperti money politic, penggunaan hak pilih orang lain, pemilih yang bukan berasal dari domisili, pemilih yang belum cukup umur, dan lainnya.

"Kita sudah petakan dan kita sudah cegah secara preventif dan awasi dan sudah berjalan dengan baik. Dan seluruh masyarakat pemilih sudah menyadari bahwa seluruhnya adalah hak pemilih," jelas Koto.

"Seluruh persiapan juga, mulai dari kotak suara, surat suara, dan perlengkapan lainnya sudah siap. Begitu juga tempat-tempat rawan telat Pemilu sudah kita antisipasi dan kita kerjasama dengan kepolisian," tambahnya. (*/tie)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com