BERITABANDUNG


  • 04 September 2018 | 18:26 WIB

Pengadilan di Jabar Bakal Segera Berlakukan Sistem Online

Editor: Yatti Chahyati


 Pengadilan di Jabar Bakal Segera Berlakukan Sistem Online
KRIMINAL - Ketua KAI Jabar Lukman Chakim memberikan cenderamata kepada Ketua Pengadilan Tinggi Jabar Arwan Byrin saat sosialisasi e court di Hotel Savoy Homann. (ist)

BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pengadilan Tinggi Jawa Barat menargetkan pada November 2018 semua pengadilan di Jawa Barat sudah melakukan E Court. Sistem tersebut dilakukan untuk memberi pelayanan sederhana, cepat dan biaya ringan.

"Jadi nanti pelayanan administrasi, seperti pendaftaran perkara, pembayaran atau ongkos perkara bisa dilakukan secara online," ujar Ketua Pengadilan Tinggi Jawa Barat, Arwan Byrin saat membuka acara "Sosialisasi E Court,

Solusi Beracara di Pengadilan secara sederhana cepat dan biaya ringan untuk para advokat KAI di wilayah Pengadilan Tinggi Jabar".

Acara sosialisasi tersebut diikuti 200 orang pengacara yang tergabung dalam Kongres Advokat Indonesia (KAI) di Hotel Savoy Homann, Selasa (4/9/2018).

Hadir dalam acara itu Dewan Penasehat KAI Pusat OK Joesly, para hakim dan undangan lainnya.

Arwan Byrin menyatakan bahwa Mahkamah Agung telah mencanangkan reformasi birokrasi sasarannya memberikan pelayanan yang berkualitas. Dan implementasikan mewujudkan

peradilan modern berbasiskan teknologi informasi. "Dari itukah MA sudah menerbitkan Perma No 3 tahun 2018," ujarnya.

Dijelaskan Arwan Byrin, dalam Perma tersebut intinya mengatur dalam pelayanan pendaftaran, bayar ongkos perkara tidak lagi harus ke pengadilan. Tapi cukup dari rumah atau kantor.

Bahkan pemanggilan dan pemberitahuan sidang pun dilakukan dengan cara elektronik. "Memberikan reflik atau duplik juga nantinya tidak usah datang ke pengadilan cukup di email saja dari kantor atau rumah," ujarnya.

Adanya aturan ini tentu saja harus kita pahami dan laksanakan tidak terkecuali dari kalangan advokat. Makanya layanan ini wajib disosialisasikan kepada para advokat agar mengerti dan memahami ketika atutan ini dilaksanakan. "Saya menyambut baik advokat KAI sudah berperan ikut mensosialisasikan kepada anggotanya," ujarnya.

Arwan Byrin juga menyebutkan sudah mencanangkan bulan nopember semua peradilan di Jawa Barat sudah melaksanakan e court. Dari itulah semua pihak harus memahami dulu sebelum layanan ini diberlakukan.

"Bila dijalankan layanan ini, akan menghemat biaya, waktu dan mempercepat proses sebagai mana yang diinginkan oleh para pencari keadilan," ujarnya.

Ketua DPD KAI Jabar Lukman Chakim, yang juga panitia acara tersebut menyatakan acara tersebut diikuti 200 orang advokat dari KAI Jabar dan juga diikuti para hakim. Diharapkan dari advokat yang hadir bisa mensosialisasikan juga ke 4000 advokat anggot KAI Jawa Barat.

"KAI memang yang pertama melakukan sosialisasi ini. diharapkan para advokat bisa mengikutinya dengan baik sehingga pada prakteknya nanti bisa lebih paham dan bisa menjalankannya, " ujarnya. (*)


Label: #


Berita Terkait


Berita Lainnya

  • 21 April 2018 | 21:59 WIB

    Pasteur Bandung Lautan Air, BPBD Minta Banjir Harus Segera Diatasi

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Pasteur BTC Bandung jadi lautan air. Banjir kembali merendam daerah Pasteur Bandung setelah diguyur hujan lebat pada Sabtu (21/4/2018) sore. Jalan di kawasan Pasteur BTC berubah menjadi ...

  • 16 Maret 2018 | 18:17 WIB

    Akhir Pekan, ITB Gelar Integrated Career Days

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Sebanyak 45 perusahaan akan hadir dalam bursa kerja Institut Teknologi Bandung (ITB) Integrated Career Days pada 17-18 Maret 2018. Acara tersebut akan berlangsung di Aula Barat dan ...

  • 08 Maret 2018 | 10:48 WIB

    Pengawasan Proyek Lancar, PDAM Tirtawening Kota Bandung Beri Pengharaan ke TP4D

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening Kota Bandung memberikan penghargaan terhadap Tim Pengawalan, Pengamanan Pemerintahan dan Pembangunan Daerah (TP4D) Kejari Bandung. Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi ...

  • 14 Desember 2017 | 10:42 WIB

    Kadisdik Kota Bandung Minta Sekolah Periksa Buku Terbitan Yudistira

    BANDUNG, BERITABANDUNG. COM - - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana meminta sekolah dasar khususnya guru sekolah kelas VI untuk memeriksa buku pelajaran terbitan Yudistira.  Hal itu sehubungan dengan adanya ...

  • 12 Desember 2017 | 11:42 WIB

    Piala Presiden 2018 Diperkirakan Digelar Awal Januari

    BANDUNG, BERITABANDUNG.COM -- Piala Presiden 2018 diperkirakan akan digelar awal Januari 2018. Hal itu diungkapkan Ketua Steering Committee Piala Presiden 2018, Maruarar Sirait. Ia mengungkapkan dirinya sudah meminta waktu kepada Presiden ...

  • @ 2013 beritabandung.com